Tahun Ini Mendikbud Usul 100.000 Guru Honorer Jadi PNS

Jakarta – Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy mengusulkan untuk mengangkat sebanyak 100 ribu guru honorer menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di tahun ini. Hal itu mengingat banyaknya jumlah kebutuhan guru yang ada. Muhadjir mengatakan, saat ini guru PNS di sekolah negeri saat ini mencapai 988.133 orang. Untuk itu dia mengusulkan adanya pengangkatan guru honorer menjadi PNS.

“Yang kita usulkan 100 ribu tahun ini, 2018. Tahun berikutnya kita lihat nanti,” kata Muhadjir di gedung DPR, Jakarta.

Muhadjir mengatakan, terkait dengan jumlah kebutuhan guru PNS di sekolah negeri yang hampir mencapai satu juta tenaga tersebut masih harus dilihat kembali. Sebab, menurutnya jumlah tersebut terus mengalami perubahan.

Dia bilang, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Kementerian PAN-RB untuk mencocokkan data kebutuhan guru. Hal itu agar tidak ada kesalahan data dalam perhitungan kebutuhan. “Karena 998.000 itu dinamis, harus ditelisik lagi. Direvalidasi, dicocokkan dengan Kementerian PAN-RB,” katanya.

 Lebih lanjut dia mengatakan, untuk saat ini pihaknya bakal melakukan upaya efisiensi dalam hal tenaga pengajar untuk bisa menutupi kekurangan guru berstatus PNS. Contohnya dengan cara memberlakukan program keahlian ganda dan multi subject.

Artinya, guru tidak hanya mengajar satu mata pelajaran, namun bisa setidaknya dua mata pelajaran.

“Jadi guru-guru disekolahkan lagi untuk memiliki kemampuan di bidang yang sesuai dengan keahliannya. Misal guru bahasa Inggris diminta untuk ambil lagi di bidang tata boga. Jadi bisa mengajar lebih dari dua mata pelajaran,” tuturnya. (net)