Pleno Terbuka KPU, Herman Hadir, Mustafa-Arinal-Ridho Absen

BANDARLAMPUNG – KPU Lampung Rabu (17/1) sekitar pukul 10.00 WIB tadi, menggelar rapat pleno terbuka. Agendanya penyampaian hasil penelitian administrasi persyaratan pencalonan dan persyaratan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung 2017. Termasuk penyerahan dan pengumuman hasil tes kesehatan yang telah dilakukan pekan lalu.

Selain KPU, hadir pada rapat pleno ini, beberapa perwakilan lembaga terkait. Seperti Bawaslu, Kejati, Polda, Kabankesbangpol, Komisi Informasi, Ombudsman, KPID, dan asosiasi wartawan.

Menariknya dalam rapat ini, hanya pasangan calon (paslon) yang diusung PDI-Perjuangan yang hadir. Yakni Bakal Cagub-Wagub Lampung, Herman HN-Sutono. Sementara tiga paslon lainnya hanya mengutus perwakilan.

Seperti pasangan Mustafa-Jajuli yang diwakili oleh Edwin Hanibal Cs. Lalu perwakilan Arinal Djunaidi- Chusnunia yang mengirimkan utusan Ismet Roni dan Supriyadi Hamzah. Terakhir pasangan calon petahana, Ridho Ficardo- Bachtiar Basri yang mengutus LO-nya, Levi Tuzaidi.

Sebelumnya Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mengatakan, penyerahan berkas hasil tes dari IDI dan RSUDAM sudah dilakukan pada Selasa (16/1). Penyerahan brkas tersebut diserahkan oleh Direktur RSUAM.

Menurutnya pengumuman berkas kesehatan jasmani dan rohani disampaikan Rabu (17/1). Jika ada perbaikan nantinya bisa langsung diumumkan. Pengumuman kesehatan dan berkas akan dihadirkan Paslon, Partai pengusung, Bawaslu dan lainnya dalam rapat pleno terbuka.

“Jika dari 23 pemeriksaan kesehatan dinyatakan ada yang tidak sehat maka akan diganti. Untuk berkas yang masih kurang dan akan diperbaiki selama tiga hari pada tanggal 18,19 dan 20,” jelasnya.(red)