DUBES DAN DIRJEN HAJI TEMUI REKTOR UIN RADEN INTAN DI MEKAH

MEKAH – Duta Besar RI untuk Arab Saudi Dr. Agus Maftuh dan Dirjen Haji Prof. Dr. Nizar Ali bersilaturahmi dengan Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag, di Mekah, Arab Saudi. Tiga tokoh penting yang sama-sama ikut menyukseskan pelaksanaan Ibadah Haji tahun 2017 ini temu kangen di sela-sela melaksanakan rangkaian ibadah haji. Mengingat, mereka adalah teman akrab semasa kuliah di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Pertemuan berlangsung di Loby Hotel Dar El-Haramain Misfalah Makkah, Ahad (27/08/17) waktu setempat. Tempat menginap Jamaah Kloter 31 JKG asal Bandar Lampung. Suasana hangat penuh persahabatan terlihat dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu. Ditemani segelas Kopi khas Lampung, mereka sangat akrab dan antusias membicarakan banyak persoalan. Termasuk masalah 1 juta lebih WNI yang ada di Arab Saudi.

Menurut Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag, penyelenggaraan haji sudah semakin baik dan berkualitas. Peningkatan tersebut terlihat mulai dari pelayanan, kesehatan, tranportasi, akomodasi dan konsumsi. Bahkan selama di Mekah, Kloter 31 sering dikunjungi sejumlah tokoh. “Pelaksanaan Haji tahun ini semakin baik. Kami juga optimistis kedepan makin berkualitas lagi,” kata Prof. Dr. Moh. Mukri.

Ketua MUI Lampung KH. Khairuddin Tahmid yang ikut dalam pertemuan itu mengatakan, silaturahmi sangat bermanfaat. Selain sebagai ajang silaturahmi, pertemuan informal seperti ini terkadang malah dapat memunculkan dan menghasilkan pemikiran-pemikiran baru nan cemerlang. “Temu kangen seperti ini perlu terus dilestarikan. Banyak masalah yang selesai dengan ngopi bareng atau makan bareng,” kata Khairudin. (rilis)