Didepan Ketua MPR dan Jaksa Agung, Ridho Minta Dewi-Loekman Amanah

BANDARLAMPUNG – Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo melantik dan mengambil sumpah jabatan Dewi Handajani dan AM. Syafi’i sebagai bupati dan wakil bupati Tanggamus masa jabatan 2018-2023. Selain itu, Ridho juga melantik Loekman Djoyosoemarto sebagai Bupati Lampung Tengah (Lamteng) sisa masa jabatan 2016-2021 di Balai Keratun, Kamis (20/9/2018).

Pelantikan kepala daerah terpilih untuk Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengacu Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.18-6061 dan Wakil Bupati Tanggamus AM. Syafi’I Nomor 132.18-6062 tanggal 14 September 2018. Sementara pelantikan Bupati Lamteng Loekman berdasarkan SK Mendagri Nomor 131.18-6118, 17 September 2018.

Dalam sambutannya Gubernur Ridho berpesan agar kedua kepala daerah yang baru dilantik segera bekerja melaksanakan tugasnya dengan baik. Sehingga roda pembangunan di Tanggamus maupun di Lamteng dapat berjalan semakin baik untuk mempercepat kesejahteraan rakyat.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan amanah yang cukup berat berada di pundak kedua Bupati. Ini, mengingat kedua daerah tersebut menyimpan potensi, hingga memiliki pekerjaan rumah yang harus segera  diselesaikan.

Untuk Tanggamus, Gubernur bepesan agar Bupati Dewi terus meningkatkan koordinasi dan sinergitas antara Pemkab, Provinsi maupun Pusat untuk menyelesaikan pengembangan Kawasan Industri Marintim (KIM) Tanggamus. “Saya berharap Dibawah kepemimpinan Bu Dewi akselerasi yang berkelanjutan terwujud secara konkret,” ujar Gubernur.

Kemudian Gubernur juga menyoroti masalah pengentasan kemiskinan dan desa tertinggal di Tanggamus. Hal ini menjadi catatan karena daerah Tanggamus merupakan salah satu daerah dengan desa miskin dan tertinggal terbanyak di Lampung. Untuk itu, dia berharap Bupati dan Wakil Bupati dapat mengembangkan perkonomian dengan menciptakan berbagai inovasi dan kreatifitas serta menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan hal ini dapat segera dientaskan, apalagi Tanggamus memiliki potensi daerah dan potensi wilayah yang khas dengan sumber daya alam yang berlimpah,” ungkap Gubernur.

Sementara untuk Lamteng, Gubernur berpesan agar Bupati Loekman dapat melanjutkan pembangunan yang selama ini sudah berjalan baik serta memperbaiki hal yang belum terlaksana dengan baik. “Lamteng merupakan kunci utama perkonomian di Lampung, karena wilayahnya yang luas dengan jumlah penduduk terbesar. Kemajuan Lamteng sangat menentukan, kemajuan di Lampung. Untuk itu, peran Bupati mutlak dibutuhkan, kecakapan dan kemampuan bapak harus mumpuni,” tegasnya.

Gubernur berharap agar Bupati dapat mengoptimalkan berbagai potensi  yang dimiliki Lamteng. Dimana Lamteng merupakan tempat perlintasan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), pusat agro industri dan sebagai daerah basis ketahanan pangan Provinsi Lampung.

“Bupati beserta jajaran harus mampu mengoptimalkan berbagai potensi ini, mengembangkan daerahnya sesuai kebijakan strategis Provinsi Lampung yakni mempertahankan ketahanan pangan,” ucap Gubernur.

Selain itu, Gubernur juga berharap agar Bupati dapat menyatukan warga masyarakat serta menyelesaikan permalasahan pembangunan infrastruktur dasar di Lamteng. Ia mengatakan Pemprov Lampung siap memberikan dukungan bagi Lamteng dan Tanggamus.

Turut hadir dalam ini Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Jaksa Agung H.M Prasetyo, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina. (rls)