Nilai Jokowi Tak Bawa Perubahan, Dahlan Iskan Alihkan Dukungan Pada Prabowo

SURABAYA – Dahlan Iskan mantap menyatakan dukungannya kepada pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019. Hal itu diungkapkan mantan menteri BUMN itu saat mengawali acara pidato kebangsaan Prabowo Subianto di Dyandra Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/4/2019).

Awalnya, Dahlan menuturkan bahwa pada lima tahun yang lalu ia pernah mendeklarasikan dukungan Joko Widodo untuk maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2014. Namun, pada pilpres kali ini ia mengalihkan dukungan ke Prabowo Subianto.

“Hari ini saya menjatuhkan pilihan kepada Pak Prabowo,” ujar Dahlan.

Dahlan mengungkapkan, lima tahun yang lalu dirinya menganggap calon presiden Jokowi memiliki program yang dinilai mampu menciptakan perubahan, yakni revolusi mental. Selain itu, kata Dahlan, Jokowi juga berjanji akan menaikkan pendapatan per kapita masyarakat.

Namun, Dahlan menilai, janji-janji Jokowi tidak terwujud selama periode pertama pemerintahannya. “Tapi itu tidak terlaksana. Karena itu hari ini saya menjatuhkan pilihan ke Prabowo,” ucapnya.

Hadir dalam pidato kebangsaan tersebut para petinggi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Fuad bawazier, Dahnil Anzar Simanjuntak, Sudirman Said, Sufmi Dasco Ahmad, Ahmad Riza Patria, Eddy Soeparno, dan Priyo Budi Santoso.

Selain petinggi BPN hadir pula beberapa tokoh nasional antara lain mantan ketua KPK Bambang Widjojanto, mantan komisioner Komnas HAM Natalius Pigai, mantan wakil menteri pertahanan (Wamenhan) Syafrie Sjamsoeddin, dan mantan wakil gubernur Jawa Tengah Rustriningsih.
Pidato Prabowo kali ini merupakan pidato kebangsaan keempat yang digelar selama masa kampanye Pilpres 2019. Sebelumnya, pada 14 Januari 2019, Prabowo menyampaikan pidato kebangsaan di Jakarta Convention Center (JCC).

Pidato kebangsaan yang kedua digelar di Grand Ballroom Hotel Po, Semarang, pada 15 Februari 2019. Pidato kebangsaan yang ketiga diadakan di Kampus Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI). (kmp)