Umar Ingin Budidaya Pengemukan Sapi di Tiyuh Wonokerto Jadi Percontohan

TULANGBAWANG – Bupati Tulangbawang Barat meresmikan Program Penyedian Air Mineral dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Tiyuh (desa) Wonokerto Kecamatan Tulangbawang Tengah, Selasa (26/03/19).

Bertepatan juga dengan hari jadi Tiyuh Wonokerto, Umar juga meninjau usaha kelompok tani budidaya pengembangan sapi.

Dalam kesempatan tersebut bupati berharap kepada para kelompok-kelompok tani yang tersebar di seluruh desa yang ada di Tubaba untuk dapat mengadopsi kesuksesan yang sudah dicapai oleh Kelompok Tani Sumber Sari di Desa Wonokerto.

“Saya bangga dan mengapressiasi kemajuan Tiyuh Wonokerto yang dipimpin oleh Bapak Heri Santo. Ini telah mendukung program pemerintah yakni swasembada daging. Saya harap kedepan desa ini dapat menjadi desa tematik desa percontohan dalam pengembangan usaha ekonomi desa seperti yang sudah sukses yakni pengembangan ternak sapi ini,” katanya.

“Kedepannya  saya juga berharap kepada para kelompok tani lainnya bisa mencontoh keberhasilan kelompok tani yang sudah sukses. Perlu edukasi, pelatihan kepada yang sudah sukses sehingga dengan demikian menjadi masyarakat yang mandiri tidak bergantungan kepada bantuan juga dapat menggunakan dan mengelola bantuam apapun dari pemerintah sebaik mungkin,” kata Umar.

Lanjutnya, adanya program Pamsimas sungguh membantu masyarakat dalam penyediaan air bersih. Tidak hanya itu perlu kita dukung program tersebut dengan cara menjaga kemurnian sumber daya air yang tersedia dengan menjaga dan merawat lingkungan dari tercemarnya limbah,sampah plastik dan lainnya.

Semenntara itu Kepalo Tiyuh Womokerto Heri santo, menerangkan,”Kami sudah sejak lama membudidaya ternak sapi. Bermula dari 22 ekor sapi bantuan pemerintah sampai saat ini menjadi 64 ekor sapi yang sudah berkembang.”

“Kemudian tidaklah mudah dalam pengembangan ternak sapi, tentu perlu perlengkapan atau dukungan kemajuan teknologi terpadu dengan harapan agar usaha ternak dapat berkembanh menjadi lebih baik dan menjadi andalan pendapatan desa dan masyarakat,” katanya.

Seperti misalnya dukungan teknologi mesin pencacah rumput, traktor,gerobak untuk kelompok tani sehingga memudahkan bagi masyarakat tani dalam hal membudidaya kelompok taninya. Maka saya ucapkan terimakasih kepada pemerintah sebab kami juga telah dibantu mesin-mesin seperti traktor, mesin cacah rumput yang membantu memudahkan kelompok tani. (jaz)