Tingkatan Kualitas Aparatur, Lambar Laksanakan Diklat Kepemimpinan Eselon IV

LAMPUNG BARAT – BKPSDM Lampung Barat (Lambar) bekerjasama dengan BPSDM Provinsi Lampung melaksanakan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV angkatan XIX 2019 Lampung Barat.

Kegiatan yang dibuka oleh Asissten Bidang Administrasi umum Ir. Noviardi Kuswan di Gedung AEKI, Senin (4/3) bertema  “Melalui Diklat Kepemimpinan Tingkat IV, Kita Wujudkan Kinerja Aparatur Hebat Dalam Memberikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat”.

“Melalui pengembangan kapasitas ini diharapkan agar aparatur di daerah mempunyai kemampuan untuk melaksanakan seluruh kebijaksanaan pemerintah dan dapat pula menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi di dalam masyarakat sesuai dengan wewenang dan tanggung jawabnya,” ungkap Noviardi dalam sambutannya.

Kemudian, kata dia, berkaitan dengan hal tersebut, maka dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya aparatur, diharapkan mampu mendukung terlaksananya tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan secara efektif dan efisien.

“Kader yang telah mengikuti diklat dituntut mampu membantu atasan dalam penataan program, menyampaikan gagasan yang berkaitan dengan tugasnya  kepada atasan secara tertulis, menjabarkan pelaksanaan kebijaksanaan yang ditetapkan  oleh atasannya, melaksanakan penugasan dari pimpinan secara tepat, menyusun rencana kegiatan unit kerjanya, melaksanakan koordinasi dengan unit kerja lainya, menggerakkan pelaksanaan secara terorganisasi untuk mencapai sasaran unit kerja dan menyusun laporan pelaksanaan pekerjaan,” harapnya.

Drs. Dafeta Ali, Kabid sertifikasi, kompetensi, pengelolaan kelembagaan mewakili Kepala BPSDM Provinsi Lampung menyampaikan, dalam rangka meningkatkan kinerja pemerintahan agar efisien dan efektif diharapkan para pejabat semakin mampu melaksanakan tugas umum pemerintahan, pembangunan untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik atau Good Governance dan menghasilkan alumni yang inovatif dan profesional.

Sementara Ketua Pelaksana Juremi Yudi, SH mengatakan,  pendidikan dan pelatihan tersebut dilaksanakan selama 4 Maret sampai 25 Juni 2019. Kelompok sasarannya adalah pejabat struktural eselon IV sebanyak 40 orang.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pembentukan kepribadian secara dini bagi pejabat struktural eselon IV dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai PNS,” jelasnya.  (Jul)