SMK Muhammadiyah I Metro Launching Technopark

METRO – Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung diwakili Kepala Sesi Kurikulum, Wilson,secara simbolis melaunching “Technopark” SMK Muhammadiyah 1 Metro, sekitar pukul 13.40 WIB, Selasa (14/8/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Wilson menyatakan bahwa di Lampung ada 3 Technopark yakni di Kota Bandar Lampung berbasis pariwisata, Waykanan berbasis agribisnis, dan Kota Metro berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan utama program Technopark di SMK adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK yang relevan dengan kebutuhan industri.

“Saya berharap technoparak di SMK Muhammadiyah 1 Metro ini dapat bermanfaat sebagai pusat pengembangan produk dan jasa sesuai dengan kebutuhan industri dalam potensi lokal dan pada umumnya,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Metro Rohaniya, S.Pd.,M.Pd mengatakan bahwa  technopark SMK merupakan wadah bagi sekolah untuk mencetak wirausahawan berbasis teknologi atau technopreneur.

“Tentu dari sini diharapkan adanyanya keterkaitan antara pemerintah setempat, pelaku usaha, akademisi dan komunitas masyarakat bisa menjadi bagian dari program technopark SMK, yang juga merupakan gagasan dari pemerintah pusat melalui Dinas Pembinaan SMK (PSMK),”ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Rohaniya M1T saat ini melalui program inkubasi bisnis tengah menyeleksi 8 calon statup dari siswa yang akan diberikan pendanaan untuk melakukan realisasi bisnis yang akan mereka jalankan. Starup sendiri merupakan satu kelompok siswa yang terdiri dari 3 sampai 5 orang yang mengerjakan bisnis rintisan yang mereka gagas.

“Jadi dari proposal yang sudah masuk ada beberapa starup yang memiliki project bisnis inovatif diantaranya aplikasi SMK Connect, dimana nantinya melalui aplikasi ini sekolah dimudahkan melakukan monitoring terhadap siswanya dan orangtuanya, begitupun sebaliknya walimurid juga bisa memantau melalui aplikasi tersebut,”papanya.

Aplikasi ini, timpalnya, dilengkapi beberapa fitur keunggulan yang tidak dimiliki aplikasi lainya. Seperti project statup tinta pena, yaitu project yang berkaitan dengan self publishing, project ini diperuntukan bagi mereka yang gemar menulis dan ingin menerbitkan karya mereka dalam bentuk buku.

“SMKM 1 Metro dengan technipark-nya merupakan suatu keunggulan  tersendiri yang tidak dimiliki oleh sekolah lainya. Untuk itu,diharapkan lulusan-lulusan SMK Muhammadiyah 1 Metro dapat menjadi penggerak kebangkitan ekonomi madsyarakat dengan mencetak wirausaha-wirausaha yang jeli memanfaatkan kemajuan teknologi,”harapnya.

Sekedar diberitahukan juga, pada Rabu 15 Agustus 2018 akan diadakan seminar technopark tema “Ubah Hobi Jadi Duit” dengan mengundang Amir Hamzar sebagai pembicara, yang merupakan peneliti dan analis bisnis dari Bandung Technopark (BTP).

“Kenapa milih mengambil judul seminar itu, karna muda dicerna dan dirasa sangat dekat dengan siswa. Dimana banyak siswa yang memiliki berbagai macam hobi namun belum mengetahui kalau hobinya dapat dijadikan sumber pundi-pundi pengahasilan,”pungkasnya.(Red)