Sekda dan Ratusan Pejabat Metro Bakal Pensiun dalam Dua Tahun

METRO – Siap- siap. Pemerintah Kota (Pemkot) Metro bakal banyak kekurangan jabatan struktural dan jabatan fungsional di tahun 2019-2020.

Data yang diperoleh dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Metro, dalam kurun waktu dua tahun tersebut sebanyak 228 pejabat akan memasuki pensiun.

Salah satunya, yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro, A. Nasir yang bergolongan struktural IIA tahun 2020 akan memasuki batas usia pensiun. Selanjutnya, Eselon IIIA terdapat 2 orang, Eselon IIIB ada 2 orang, Eselon IVA sebanyak 18 orang, Eselon IVB ada 4 orang. Sementara, Jabatan Fungsional diantara guru sebanyak 72 orang, tenaga kesehatan 4 orang, dan staf 39 orang.

Kemudian tahun ini, 2019 sebanyak 146 Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga memasuki batas usia pensiun. Ricianya Eselon II sebanyak 3 orang,  Eselon III 6 orang, Eselon IV 22 orang,  Guru 71 orang, Pengawas 1 orang, Kesehatan 9 orang, dan Staff 34 orang.

“Tahun 2019 sampai tahun 2020, jumlah PNS yang pensiun di dominasi terbanyak oleh guru. Bahkan, Sekda Pemkot Metro tahun 2020 juga memasuki masa pensiun,“ ujar Murjono, Kasubid Bidang Informasi dan Pemberhentian Pegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Metro, Rabu (11/9/2019).

Ia menambahkan, untuk pensiunan sendiri sebelum masa kerja habis, Pemerintah Kota Metro sudah jauh-jauh hari  menerbitkan SK bagi para pensiunannya agar mereka mudah dan tidak terbebani.

“Sebelum pensiun kami sudah jauh-jauh hari menerbitkan SK. Jadi para pensiun merasa senang dan tidak terbebani, dan tidak ada yang terlambat kecuali dari merekanya sendiri yang mengusungnya memang terlambat,” tandasnya. (SAR/Arby)