Pringsewu Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas Pokja Kampung KB

PRINGSEWU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana mengadakan kegiatan workshop Peningkatan Kapasitas Pokja Kampung KB tahun 2018.

Acara yang digelar di aula utama kantor sekretariat Pemkab Pringsewu, Selasa (25/9) ini dibuka oleh Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. didampingi Asisten Bidang Pemerintahan Kabupaten Pringsewu Drs.Hi.Zuhairi Abdullah.

Acara diikuti sebanyak 100 peserta dari perwakilan OPD terkait, kecamatan, pekon, PPKBD, korluh KB dari setiap kecamatan, unsur pendidikan, serta koalisi kependudukan, menghadirkan narasumber Kabid Advokasi BKKBN Provinsi Lampung Drs.Hi.Zainal Aspin, serta dari internal Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pringsewu.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pringsewu Nazri, kampung KB pertama kali dilaunching oleh Presiden Jokowi pada bulan Januari 2016 lalu, yang diharapkan menjadi miniatur pelaksanaan program KB di tingkat terendah. Kampung KB ini diutamakan bagi daerah padat penduduk, miskin dengan kurangnya akses kesehatan.

Tujuan pembentukan kampung KB ini, kata Nazri, adalah untuk membumikan total program KB di kehidupan masyarakat sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta memberikan arah dan pedoman bagi para penanggungjawab dan pengelola program kampung KB tingkat kecamatan dan desa dalam melakukan penggerakan di wilayah kerjanya untuk mempercepat pencapaian indikator output program kampung KB itu sendiri.

Lebih lanjut diungkapkan Nazri, Kabupaten Pringsewu telah memiliki kampung KB yang tersebar di sembilan kecamatan, yakni masing-masing Pekon Sumber Bandung, Kecamatan Pagelaran Utara, Pekon Sumberejo, Kecamatan Pagelaran, Pekon Margakaya, Kecamatan Pringsewu, Pekon Bandung Baru Barat, Kecamatan Adiluwih, Pekon Banjarejo, Kecamatan Banyumas, Pekon Tanjunganom, Kecamatan Ambarawa, Pekon Rantautijang, Kecamatan Pardasuka, serta Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadingrejo dan Pekon Panggungrejo Utara, Kecamatan Sukoharjo.

Wakil Bupati Pringsewu Dr.Hi.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A. dalam sambutannya mengatakan kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan prioritas program KKBPK secara utuh di lapangan.

Fauzi berharap melalui workshop Kampung KB ini, apa yang menjadi harapan kita semua, yakni keberhasilan program KB di Kabupaten Pringsewu dapat terwujud. (Adi)