Pemkab Tubaba Guyur Rp10 M Untuk 13.000 KPM

PANARAGAN – Untuk meningkatkan taraf hidup yang layak, Bupati Tulangbawang Barat, Umar Ahmad SP mengucurkan bantuan sebesar Rp10  Milyar melalui APBD yang diperuntukan bagi 13.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui program Maju Sejahtera  (Mantra).

Kepala Dinas Sosial Tubaba, Rasidi, menjelaskan, ke 13 ribu PKM tersebut sisa dari PKM yang masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Direktorat Penanganan Fakir Miskin (PFM).

“BDT kemiskinan kita ada 27 ribuan. Kemudian yang telah dibantu oleh pemerintah pusat itu baru 14 ribuan yaitu penerima program PKH dan rastra kekurangan sebanyak 13 ribuan. Itulah tanggungan oemerintah daerah dalam rangka pengentasan kemiskinan,” kata Rasidi.

Secara teknis, Rasidi menjelaskan, dalam program Mantra dibutuhkan sebanyak 86 orang pendamping di setiap tiyuh dan 9 orang koordinator di setiap kecamatan. Setiap pendamping nantinya akan mendampingi PKM sebanyak 150 PKM, yang saat ini sedang proses perekrutan.

” Sekarang, sudah 90an pendaftar dari seluruh kecamatan cuma yang masih sedikit Pagar Dewa dan Batuputih. Yang lainnya sudah hampir seluruh tiyuh mengirim,” kata dia.

Lanjutnya, untuk nominal berapa alokasi bantuan yang akan diterima oleh setiap kepala keluarga PKM dari program Mantra ini, Rasidi mengatakan, saat ini belum dapat menyebutkan berapa nominal nya , karena masih nunggu terbitnya peraturan Bupati tentang program Mantra ini.

“Kami masih menunggu terbitnya peraturan Bupati. Kemungkinan akhir bulan ini sudah ditandatangani oleh Bupati,” pungkasnya. (Jaz)