TULANGBAWANG BARAT– Masa Orientasi Sekolah atau Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tulangbawang Barat (Tubaba) merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka pengenalan lingkungan sekolah terhadap para siswa – siswi baru.

Matsama MAN 1 Tubaba tahun ajaran 2021 – 2022 dibuka secara langsung oleh Kepala Madrasah H. Imam Kahfi, M.Pd. I di Halaman MAN 1 Tiyuh Mulya Kencana Tulangbawang Barat, yang dihadiri oleh para dewan guru dan komite sekolah.

Ketua panitia MATSAMA Widarto, S.Pd mengatakan,  Matsama ini akan dilaksanakan mulai Senin, 12 Juli sampai dengan Jum’at, 16 Juli 2021.

“Hari ini khusus untuk acara Apel pembukaan, perkenalan panitia dan pendamping kelas, informasi tata tertib Matsama serta pengenalan Hymne

Madrasah. Sedangkan untuk pendalaman materi akan kita mulai besok, Selasa hingga Jum’at ke depan,” tuturnya.

Di ruang kerjanya, Kepala 500MAN 1 Tulang Bawang Barat H. Imam Kahfi, M.Pd. I menjelaskan, teknis pelaksanaan akan mengacu penerapan protokol kesehatan secara ketat guna pencegahan terjangkitnya virus Covid – 19 di lingkungan sekolah dengan cara membagi 4 ruang kelas untuk 108 siswa – siswi.

Sedangkan materi yang akan diberikan yakni tentang Wiyata Mandala dengan narasumber dari internal MAN,  tentang narkoba dan lalu – lintas dengan narasumber dari kepolisian serta narasumber lainnya dari Kementrian Agama, kesehatan serta Kwarcab Pramuka.

“Kami berharap dengan pendalaman materi – materi selama Matsama, siswa – siswi lebih memahami dan mampu menjaga kedisiplinan, taat hukum dengan mengedepankan tatanan norma yang berlaku baik dilingkungan sekolah maupun masyarakat. Dan tak kalah pentingnya siswa – siswi termotifasi dalam mewujudkan MAN Kampus Spektrum yang mandiri, berprestasi dan terdepan sesuai dengan semboyan Kementrian Agama,” pungkasnya. (*)