Lewat Lomba, Indra Ingin Walikota Metro Mulai Mikirin Jamban

METRO – “Bukan kemenangan yang saya cari. Yang terpenting surat ini sampai ke Walikota.” Begitu disampaikan Indra Swandi Simanjuntak saat dikonfirmasi awak media usai kegiatan seremonial Hari Kunjung Perpustakaan yang berlangsung di Jalan Ade Irma Suryani, tepat di depan Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah (Perpusda) Kota setempat, Kamis (27/9/2018).

Indra menyampaikan, persoalan Sanitasi di Bumi Sai Wawai kerap kali terlupakan sehingga sering luput dari prioritas pembangunan, khususnya permasalahan jamban. Menurutnya, jamban merupakan permasalahan paling dasar yang seharusnya cepat tertangani.

“Kebetulan saya kan wartawan. Tujuan tulisan saya ini bukan buat juara tapi yang terpenting surat ini sampai ke Walikota, karena persoalan sosial ini yang kerap kita jumpai di lapangan. Jadi saya mengangkat masalah jamban. Jamban itu kan dasar, karena kita kan kota pendidikan, dan kalo kita ngomongin pendidikan, gimana orang mau terdidik kalau masalah paling dasar saja masih susah ditangani,” ucap Indra.

Selain itu, sejumlah media yang turut menyoroti persoalan sanitasi di Kota Metro juga nampaknya belum efektif untuk mengetuk kepedulian berbagai lapisan. Untuk itu, melalui perlombaan tersebut dirinya mengharapkan surat yang dikirim dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah setempat.

“Kebetulan saya mengetahui persoalan jamban itu ya saya bikin lah, harapannya memang supaya pesan ini sampai ke Walikota, bahwa di Metro itu masih ada orang yang BAB sembarangan. Dan dengan dikirim surat itu Walikota membaca kemudian kedepan persoalan ini memang benar-benar di perhatikan oleh pemerintah Kota Metro khususnya pemberian jamban, karena rata-rata 0,72 persen itu orang yang tidak mampu membuat jamban itu,” bebernya.

Kendati surat yang dikirim ke Walikota melalui Lomba Menulis Surat Ke Walikota dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan tersebut tidak ada balasan, namun pria yang juga Jurnalis surat kabar harian Tribun Lampung ini meyakini surat-surat itu telah dibaca walikota.

“Kalo tanggapannya tidak ada, tapi juri bilang pesan itu tersampaikan karena salah satu jurinya ada yang dari pemkot Metro dan telah diserahkan ke walikota. Harapannya surat-surat yang disampaikan ke walikota ini dapat ditindaklanjuti,” pungkasnya.

Sementara itu salah seorang panitia menilai, tulisan Indra telah memenuhi syarat penulisan surat. Selain itu, pesan didalamnya juga menarik karena mengangkat isu yang berbeda dari peserta kebanyakan.

“Pertama itu ada struktur surat, dan punya indra itu memenuhi syarat penulisan surat selain itu menarik secara konten karena isunya juga isu lingkungan. Dan itu proses seleksinya juga panjang, kalo yang lain kan isu nya hampir sama soal pendidikan,” terang Muadin Efuari salah seorang juri.

Diketuai, Indra Swandi Simanjuntak merupakan peserta lomba yang meraih juara kedua kategori Menulis Surat ke Walikota dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan. (Arby)