Kunjungi Tuba, Puslitbang Cari Tahu Indek Kepercayaan Masyarakat Pada Polisi

TULANGBAWANG – Tim dari Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengunjungi Polres Tulang Bawang, Kamis (28/3), sekira pukul 09.00 WIB.

Wakapolres Kompol Djoni Aripin, S.Sos, MM mewakili Kapolres Tulang Bawang AKBP Syaiful Wahyudi, SIK, MH yang menyambut langsung tim, mengatakan tujuan kedatangan tim tersebut adalah untuk melakukan penelitian dan supervisi tentang Indek Kepercayaan Masyarakat (IKM) terhadap kinerja Polri.

“Yang menjadi sasaran dari tim adalah warga masyarakat tentang pelayanan pada fungsi Reskrim, Intelkam, lntas, Binmas dan Sabhara,” ujar Kompol Djoni.

Tim ini, diketuai oleh Kombes Pol Drs. Dadang Suwondo bersama A.P.U. Prof. Dr. Dwi Purwoko, M.Si yang merupakan konsultan LIPI dan beranggotakan AKBP Rahmat Sukri serta Pengatur TK I Tegawati, A.Md.

Saat tiba di Polres, rombongan langsung disambut oleh Wakapolres bersama PJU Polres. Kemudian tim ini langsung menyebarkan kuesioner kepada warga masyarakat baik yang sedang berada di kantor Polres maupun masyarakat yang berada di tempat keramaian.

Pemberian kuesioner dilakukan secara random (acak) oleh tim, yang mana di dalam kuestioner tersebut terdapat beberapa pertanyaan yang wajib diisi oleh penerimanya dan identitas dari warga tersebut pastinya dijamin kerahasiaannya.

Sebelum tim tersebut datang, Polres Tulang Bawang memang kembali di tunjuk oleh Polda Lampung untuk menjadi pilot project dalam pembangunan zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Tampak hadir kegiatan tersebut, Kabag Ops Kompol Edy Syafnur, Kabag Sumda Kompol I Gusti Ketut Wibawa, Kabag Ren Kompol Drs. Sujodo, Para Kasat, Kanit dan Kasi Polres.(*)