Kepala Puskes Tinjau Korban Suspect DBD, Segera Lakukan Fogging

PANARAGAN – Kepala Puskesmas Panaragan, dr Indah meninjau lokasi warga suspect demam berdarah dengue (DBD) Sabtu, (08/12/18).

Indah dan bidan desa setempat serta tim penanganan DBD turun setelah mendengar ada korban mengalami sakit dengan gejala DBD di wilayah Panaragan.

Diketahui sebelumnya ada beberapa titik rumah warga yang terjangkit DBD diantaranya rumah Zainal Arifin yang merupakan kepala biro media harian BE 1 Lampung yang putrinya terjangkit DBD beberapa hari yang lalu. Kemudian Tina  serta istri dari bapak Hendra. Beruntung, korbanditangani cepat sehingga dapat ditangani lebih awal.

“Saat ini kami tinjau lokasi kediaman korban guna memastikan lingkungan setempat dari sarang-sarang nyamuk DBD serta kami melihat langsung korban yang terjangkit DBD. Saya berharap semoga korban segera sembuh dari DBD dan kita segera akan melakukan Fogging di titik – titik rumah korban DBD,” kata dr Indah.

“Saya berpesan, saat petugas lakukan fogging tutup semua makanan dan minuman. Jauhkan dari jangkauan asap fogging. Kemudian usahakan lingkungan bersih dari sesuatu yang dapat menyebabkan perkembangan nyamuk DBD,” paparnya.

Sementara itu, Armi bidan desa setempat menjelaskan,” kita bersama tim akan melakukan fogging di titik rumah korban yang terjangkit DBD mulai 100 rumah kiri dan kanan dari rumah korban DBD yang terjangkit DBD. Hal ini segera kita lakukan untuk mengantisipasi korban bertambah apalagi pada saat peralihan musim kemarau ke musim penghujan,” jelasnya.

Zainal, mewakili warga desa setempat menyambut antusias kegiatan Fogging. “Kami bangga adanya respon cepat dari pemerintah setempat kususnya dari pihak dinas kesehatan terhadap DBD yang saat ini sedang terjadi di desa kami. Kegiatan ini sangat bagus sekali menandakan adanya kepedulian pemerintah terhadap kesehatan warganya. Saya juga berpesan agar bersama – sama kita warga juga menjaga kesehatan diri kita masing-masing,” katanya. (Jz)