Kalianda Bersholawat,  Ratusan Warga Pawai Keliling Kota 

LAMPUNG SELATAN – Dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi besar Muhammad SAW, warga Lingkungan 04 Sukamandi Kelurahan Bumi Agung Kecamatan Kalianda Lampung Selatan (Lamsel) gelar arak-arakan (pawai) kembang telor.

Puluhan mobil dan ratusan motor pawai mengitari Kota Kalianda dengan kendaraan yang dihiasi kembang telur.

Selain ratusan kendaraan berhias yang memadati pawai ini, Shalawatan oleh group Musik Gambus Marawis Risma Al-Ghofur Lingkungan 04 Sukamandi, juga turut mengiringi berlangsungnya arakan.

Arak-arakan kembang telur merupakan kegiatan rutin setiap tahun dilaksanakan. Hal ini sebagai bentuk kecintaan dan sara syukur masyarakat Sukamandi kepada Nabi Besar Muhammad S.A.W dihari kelahiranya di Bulan Maulud 1441 H tahun 2019.

Ketua PHBI Lingkungan 04 Sukamandi, Ahmad Efendi mengatakan, pawai kembang telur merupakan tradisi dan budaya yang rutin setiap tahun dilaksanakan warga Lingkungan 04 Sukamandi.

Menurut dia, antusias masyarakat sangat tinggi terlihat banyaknya kendaraan baik roda empat dan ratusan motor pribadu dihiasi berbagai bentuk kembang telur untuk mengelilingi Ibu Kota Kalianda.

“Arak-arakan kembang telur ini, rutin setiap tahun dilaksanakan, dengan menghiasi kendaraan baik mobil maupun motor dalam peringatan Hari Besar Islam Maulid Nabi Muhammad, SAW 1441 H,” ujar Ahmad Efendi kepada media, Minggu (10/11/2019).

Efendi menambahkan, tujuan arak-arakan tersebut untuk merasakan kebersamaan dalam berkeragaman dengan harapan kekompakan warga terus terjalin walaupun berbeda suku.

“Ini sebagai bentuk rasa sykur dan kecintaan kami warga Sukamandi dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Pawai kembang telur ini juga sebagai bentuk kebersamaan dan kekompakan dalam masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Lingkungan 04 Sukamandi, Alamsyah menambahkan, peringatan Maulid Nabi Muhmmad, SAW rutin dilaksanakan masyarakat disini.

Selain arak-rakan kembang telur yang menfhiasi kendaraan kata Alamsyah, rencanya akan dilaksanakan Tablik Akbar dengan mengundang Ustad ternama pada malam 25 November 2019 mendatang.

“Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1441 H tahun 2019, mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Rencananya puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 25 November 2019,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan Arak-arakan itu dimulai dari titik start Sukamandi menuju jalan Veteran, Pasar Lama dan Jalan Protokol Komplek Pemda. Kamudian, dilanjutkan mengitari Jalan Tjindar Bumi Lapangan Raden Intan Kalianda lalu kembali ke Lingkungan 04 Sukamandi. (Doy)