Jaring Bibit Baru, Sekolah se-Metro Gelar Debat Bahasa Inggris

METRO – Guna menjaring bibit baru menjelang perlombaan debat bahasa inggris tingkat nasional, Sejumlah Sekolah di Metro menggelar kegiatan lomba debat Bahasa Inggris tingkat kota yang berlangsung di sejumlah ruang kelas SMA Negeri 3 Kota setempat, Jum’at (8/3/2019).

Ketua pelaksana kegiatan tersebut Suprapto (56) menjelaskan, dalam kegiatan itu sedikitnya diikuti puluhan pelajar dari 10 Sekolah Menengah Atas di Bumi Sai Wawai.

“Ini diikuti 10 SMA dari 17 SMA se-Kota Metro. Pemenang dari lomba ini akan kita kirim ke provinsi untuk mengikuti lomba yang sama, hingga ke tingkat nasional. Karena Metro kan kota pendidikan, saya berharap dari lomba ini akan muncul bibit baru yang berkualitas. Sehingga dapat membanggakan Kota Metro,” beber Suprapto yang merupakan ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris Kota Metro.

Sementara itu, mewakili MKKS SMA se-Metro yang juga penanggungjawab kegiatan, Ni Made Noviani menjelaskan, giat penjaringan peserta didik terbaik dalam debat Bahasa Inggris itu dilakukan rutin setiap tahun.

“Ini kegiatan National School Debating Championship (NSDC) namanya. Sebenarnya acara rutin tahunan. Dari sini kita cari bibit-bibit yang jago berbahasa inggris, yang jago berdebat tapi debatnya ada aturan,” ucapnya.

Selain debat Bahasa Inggris, ada enam perlombaan lain yang digulirkan dari Provinsi Lampung.

“Debat kita hari ini pakai sistem australian style, australian parlementari namanya. Kita cari juara pembicara terbaik. Pembicara terbaik 1,2 dan 3 itu yang akan kita persiapkan untuk ke provinsi,” tambahnya.

Dari kegiatan ini, pihak penyelenggara menargetkan ada perwakilan dari Kota Metro ke tingkat Nasional. “Kalo target kita di tingkat provinsi mudah-mudahan nanti juara Dua,” tutupnya.

Ia menyebutkan, materi dalam debat tersebut adalah isu-isu pendidikan, isu ekonomi dan sosial media yang saat ini banyak diperbincangkan.

“Kegiatan debat ini berlangsung 2 hari yakni 8 dan 9 Maret 2019. Adanya debat ini diharapkan akan menambah prestasi baru untuk Kota Metro,” tandasnya. (Red)