Dubes 13 Negara Terpesona Keindahan dan Keramahan Pringsewu

PRINGSEWU – Bupati Pringsewu H.Sujadi dan Wakil Bupati H.Fauzi menyambut kedatangan para duta besar (Dubes) dari 13 negara yang datang ke Kabupaten Pringsewu. Mereka datang dalam rangka rangkaian acara expose Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-10 Kabupaten Pringsewu di Aula Hotel Urban Style, Jumat (29/3).

Sesaat sebelum acara dimulai para duta besar dan tamu disuguhkan kreasi tari tarian adat Lampung yang ditampilkan para pelajar.

Dalam expose HUT Pringsewu ke-10 kali ini para duta besar ini terdiri dari Duta Besar Peru untuk Indonesia Mr.Julio Cardenas, Duta Besar Armenia Ms.Dziunik Aghajanian, Duta Besar Yordania Mr.Abdallah Suliman Abdallah Abu Romman, Duta Besar Bangladesh Mr.Azmal Kabir, Duta Besar Polandia Mrs.Beata Stoczynska.

Lalu Duta Besar Maroko Mr.Ouadia Benabdellah, Duta Besar Afrika Selatan Mr.Hilton Fisher, Duta Besar Rusia Ms.Lyudmila Vorobieva, Duta Besar Bahrain Mr.Mohamed Ghassan Mohamed Adhan Shaikho, kemudian CDA Kazakhstan Mr.Kairat Malayev, CDA Bulgaria Mrs.Alexandrina Guigova, CDA Afghanistan Mr.Zalmai Wafamal, CDA Yemen Mr.Mohamed Ali Saleh Al-Najar.

Dalam sambutannya Bupati Pringsewu H.Sujadi menyampaikan bahwa pada Ulang tahun yang ke-10 ini menjadi istimewa karena tidak hanya dilihat dirasakan oleh penduduk Pringsewu, tetapi yang lebih membanggakan lagi karena dihadiri oleh perwakilan negara-negara sahabat yang tentu menjadi nilai tambah perayaan HUT.

“Pringsewu yang kecil ini tidak mempunyai laut atau pantai. Tidak mempunyai sumber daya tambang emas dan mineral lainnya. Tetapi kami mempunyai pertanian, jasa dan perdagangan serta wisata wisata pegunungan dan waduk,” ujarnya.

“Karena itu kami mengembangkan jasa Perdagangan, Perbankan, Rumah Sakit dalam upaya untuk membangun sumber daya manusia ini maka kita konsen pembangunan pendidikan dan pembangunan kesehatan serta bidang pembangunan perekonomian,” ujarnya.

H.Sujadi juga menyampaikan akan mengembangkan transportasi kereta api.

“Kita akan kembangkan transportasi kereta api dari Bandar Lampung- Pringsewu ke Metro yang nanti stasiunnya di Pringsewu. Di sampingnya ada bendungan yang sedang dibangun, yaitu Bendungan Way Sekampung. Dan besok kita akan mengadakan kunjungan ke Bendungan Bendungan Way Sekampung yang mana para duta besar ini akan menanam pohon,” ucapnya.

Sementara itu mewakili para duta besar, yaitu duta besar dari Maroko Mr.Ouadia Benabdellah, menyampaikan ucapan terimakasih pada Pemerintah Pringsewu.

“Terima kasih sebesar-besarnya atas penyambutan seluruh petugas petugas mulai dari bandara kepolisian dan juga bantuan dari seluruh petugas protokol Saya mengucapkan terima kasih,” katanya.

Menurutnya, sejak pertama kami datang melihat pemandangan di Pringsewu ini sangat indah dan warga sangat ramah tamah dan tentunya kami sangat bangga sekali menjadi salah satu bagian acara 10 tahun peringatan Pringsewu.

“Dengan pertemuan ini kami harap negara-negara kami akan bisa langsung melihat apa yang telah disiapkan oleh Pringsewu untuk kami lihat dan tentunya Saya yakin seluruh perwakilan duta besar yang ada ini menginginkan adanya kerjasama di masa yang akan datang,” tutupnya.(Adic)