Dinas Minta Guru Serius Jadikan Anak Cerdas dan Berakhlak

PESAWARAN – Guna meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik, kepala sekolah diharapkan dapat memiliki dan memahami visi dan misi sekolah yang dipimpinnya dan bertanggung jawab secara moral dalam mengimplementasikannya, sehingga mutu pendidikan dapat tercapai menjadikan anak didik cerdas dan berakhlak mulia.

“Kita ajak semua kepala sekolah dan dewan guru untuk dapat menyampaikan materi pelajaran kepada siswa dengan metode yang ada, sehingga siswa dapat dengan mudah mencerna materi yang disampaikan. Jadi, dalam kegiatan belajar mengajar ada imbal balik antara guru dan siswa,” ungkap Koordinator Kecamatan (Korcam) Way Khilau Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Pesawaran, Jamhari, kemarin (7/10).

Jamhari yang juga Ketua Forum Korcam Disdikbud Kabupaten Pesawaran juga menyampaikan, kepala sekolah adalah merupakan jabatan fungsional yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Maka munculah terminology bagaimana menjadi kepala sekolah yang profesional. Profesionalisme yang mencakup budaya profesi, kualifikasi, kompetensi, keterampilan, komitmen, konsisten, etos kerja, kode etik dan dedikasi.

“Saya setiap minggu monitor ke sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Way Khilau, dengan tujuan untuk menampung atau masukan kepala sekolah maupun dewan guru sehingga langsung kita sikapi,” ujarnya.

Dia menambahkan berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional khususnya pendidikan dasar pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, antara lain melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kompetensi guru.

“Alhamdulillah di Kecamatan Way Khilau banyak prestasi yang diraih ini berkat dukungan semua kepala sekolah dan dewan guru,” katanya.

“Saya juga menghimbau kepada semua kepala sekolah untuk dapat membina semua guru yang ada di sekolah masing-masing agar dapat membawa siswa yang cerdas dan berakhlak mulia. Untuk di Kecamatan Way Khilau ada sebnyak 21 sekokah dasar, dengan rincian 20 SD Negeri dan 1 SD swasta,” pungkasnya. (don)