Bupati Ingin Musik Tradisional Gambus Tunggal Dilombakan

PESISIR BARAT –  Musik Tradisional Gambus Tunggal mendapat perhatian serius dari Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal usai menutup pergelaran Kemilau Ngambur di Pekon Negeri Ratu Ngambur, baru-baru ini (4/10).

Didampingi Septi Istiqlal (sang isteri ),Bupati mengaku sangat terpukau dengan alunan Gambus Tunggal. “Saya minta musik tradisional Gambus Tunggal ditampilkan atau dilombakan pada HUT Pesisir Barat . Saya sangat terlena dan terpukau mendengar alunan Gambus Tunggal,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Septi Istiqlal. Menurutnya, kesenian seperti Gambus Tunggal harus terus dibina dan dilestarikan. “Dinas terkait harus menjaga kesenian ini (Gambus Tunggal) bila perlu dilombakan,agar pemuda tertarik dengan musik asli Lampung ini,” pungkasnya.

Sementara itu,saat menyampaikan sambutannya Kepala Dinas Pariwisata Pesibar, Audi mengaku bahwa pergelaran Kemilau Ngambur berlangsung sukses meskipun masih ada kekurangan sana-sini. Tapi kata Audi, pihaknya bersama masyarakat setempat telah berupaya agar Kemilau Ngambur berjalan tanpa ada kekurangan.

“Kalaupun ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam gelaran Kemilau Ngambur,kami mohon maaf. Mudahan-mudahan  Kemilau Ngambur di tahun yang akan datang akan lebih baik lagi, ” ujarnya. (Gus)