Sabhara Polres Metro Patroli Sambil Ngabuburit

METRO – Beragam inovasi dilakukan aparat Kepolisian Resor Metro untuk menciptakan rasa aman di masyarakat selama Ramadhan. Guna memberikan rasa aman bagi warga, Satuan Sabhara Polres Metro melakukan Patroli Ngabuburit sebagai bentuk antisipasi gangguan Kamtibmas dan Kemacetan di titik keramaian saat menunggu waktu berbuka Puasa.

Mewakili Kapolres Metro  AKBP Umi Fadilah Astutik, Kasat Sabhara Polres Metro AKP Catur Hendro Sutejo menyampaikan, Patroli Ngabuburit tersebut dilakukan menjelang waktu berbuka Puasa.

“Untuk menciptakan rasa aman masyarakat di wilayah Kota Metro saat Bulan puasa, Anggota Sat Sabhara Polres Metro melaksanakan patroli ngabuburit pada jam – jam tertentu saat Masyarakat menunggu waktu buka puasa. Patroli Ngabuburit ini sasarannya tempat berkumpul masyarakat yang sedang menunggu waktu buka puasa seperti di tempat pertokoan, jalan raya dan tempat lainnya sebagai antisipasi rawan terjadinya gangguan kamtibmas dan kemacetan di jalan raya,” ucapan.

Selain itu, AKP Catur juga mengungkapkan, Patroli Ngabuburit juga sebagai sarana menyampaikan himbauan dan pesan kamtibmas ke masyarakat.

“Tujuan patroli ngabuburit adalah sarana pencegahan terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas dan kemacetan di jalan raya yang terdapat pedagang penjual takjil maupun makananan lainnya, dalam hal ini personil juga memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat untuk lebih mewaspadai C3. Curat, Curas dan Curanmor,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut sejumlah warga mengapresiasi Trobosan Polres Metro. Menurutnya, Keberadaan anggota Polisi di pusat keramaian menjelang berbuka puasa sangat membantu dalam menjaga situasi aman dan kondusif.

“Sangat membantu ya, dengan adanya polisi disini kan para pedagang di Samber ini merasa aman, dan juga kalo ada orang yang punya niatan jelek disini pasti mikir-mirir. Kita apresiasi sekali terobosan polres Metro,” ucap Lisna (27) Pedagang Takjil di pasar senja Samber Park Kota Metro.

Selain Lisna, apresiasi serupa juga datang dari sejumlah pengendara yang merasa terbantu dengan hadirnya petugas kepolisian yang mengatur lalu lintas. Salah satunya Andi Saputra (26), dirinya juga mengharapkan adanya petugas yang di tempatkan pada persimpangan jalan antara Jalan Ahmad Yani dan Jalan Ki Hajar Dewantara.

“Sangat kita dukung ya, apalagi memang keberadaan polisi sangat di perlukan saat warga menantikan berbuka, baik itu yang mencari hidangan berbuka puasa maupun yang hanya melintas saja. Apalagi jalanan disini sering bener padet jadi lalu-lintas sering tersendat. Harapan saya, Polres Metro juga menyiagakan personil nya untuk menjaga jalan pas nya di simpang kampus itu, karena disana yang rawan macet,” tandasnya. (Arby/fer)