Arus Lalin Jelang Pergantian Tahun di Metro Meningkat

METRO – Kepadatan arus lalu lintas (Lalin) menjelang malam pergantian tahun sudah mulai terlihat di sejumlah ruas jalan di Kota Metro. Kepadatan arus tersebut didominasi oleh kendaraan roda dua.

Dari pantauan awak media, sejumlah ruas jalan yang mulai ramai kendaraan terdapat di Jl. Jend. Sudirman menuju pusat Kota dan sebaliknya, serta dari arah Jl. AH Nasution menuju pusat Kota maupun sebaliknya.

Selain itu, ramainya arus Lalin juga terlihat di sepanjang ruas Jl. Ahmad Yani. Diperkirakan pengemudi berasal dari Kec. Batanghari menuju pusat Kota Metro.

Sementara itu, dari keterangan IPDA Habib, Kepala Pos Pelayanan (Kaposyan) Taman Merdeka dalam Operasi Lilin Krakatau 2018 di Kota Metro membenarkan adanya kepadatan arus Lalin di Bumi Sai Wawai.

“Ada sedikit peningkatan arus untuk hari ini. Peningkatan mulai terlihat sejak kemarin, namun demikian masih aman terkendali belum terjadi trable baik di dalam kota maupun arah luar pusat kota,” ucap IPDA Habib saat dikonfirmasi awak media, Senin (31/12/2019).

Pihaknya juga telah menyiapkan strategi rekayasa Lalin guna mengantisipasi kemacetan Lalin di pusat kota.

“Kalo seandainya terjadi trable di dalam kota kami rencanakan itu pengalihan arus yang dari arah lampung timur dialihkan ke arah kampus, kemudian ke arah jalan Sutan Syahrir. Untuk yang dari arah Bandar Lampung demikian juga kami rencanakan alih arus ke arah jalan Sukarno-Hatta,” tandasnya.

Diketahui, arus Lalin yang bakal menjadi rute pengalihan yaitu dari arah Kab. Lampung Timur melintasi Jl. Tawes menuju Jl. Ki Hajar Dewantara, kemudian melalui Jl. Sutan Syahrir, lalu melintasi Jl. Sukarno-Hatta, dan dilanjutkan melintasi Jl. Jend. Sudirman lalu mengarah ke Bandar Lampung. Arus tersebut berlaku sebaliknya dari arah Bandar Lampung Menuju Lampung Timur. (Arby)