Lambar Gelar Upacara Peringatan HUT Pol PP, Linmas dan Damkar

LAMPUNG BARAT – Upacara peringatan HUT Satpol PP ke 69, Linmas ke 57 serta Pemadam kebakaran ke 100 tingkat Provinsi Lampung digelar di Stadion Bumi Skala Bekhak Kawasan Sekuting Terpadu,  Rabu (27/3).

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus. Tampak hadir Wakil Bupati Lambar Drs. H. Mad Hasnurin, Dandim 0422 Lambar Letkol Kav Adri Nurcahyo, Kapolres Lambar AKBP Doni wahyudi, Kasat PolPP dan aparatur Pol PP se Provinsi Lampung,  Sat Linmas,  Kepala Pemadam Kebakaran, Kepala OPD.

Parosil menyampaikan sambutan Menteri Dalam Negeri RI Cahyo Kumolo bahwa kegiatan ini sebagai sarana meneruskan semangat juang dan dedikasi aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk selalu melayani masyarakat, mengajak masyarakat untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan serta menjunjung tinggi Pancasila menjadi sarana pemersatu bangsa.

“Diharapkan Satpol PP, Damkar dan Linmas terus berperan aktif dalam proses pembangunan dan melindungi hasil pembangunan serta perlindungan masyarakat untuk mensejahterakan masyarakat demi mewujudkan agenda nasional bangsa Indonesia,” katanya.

Terakhir,  tugas Damkar yaitu untuk melakukan pencegahan pengendalian penyelamatan dan penanganan bahan bahaya beracun, kebakaran , melakukan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan kebakaran, penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

Sementara Satpol PP dibentuk untuk menegakkan peraturan daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat  dan Linmas dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketentraman dan keteriban masyarakat, membantu penanganan ketertiban dan keamanan penyelenggara pemilu sebagai upaya pertahanan negara.   (Jul)