Seminar Infrastruktur di Unila, Kantor Staf Presiden Bahas Kemajuan Proyek Strategis Nasional di Provinsi Lampung

BANDAR LAMPUNG —- Kantor Staf Presiden (KSP) yang diwakili Tenaga Ahli Deputi IV FX Rudi Gunawan membedah program infrastruktur nasional di Lampung, dalam seminar di Aula Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila), Sabtu (20/10/2018).

Dalam seminar yang bertema “Program Infrastruktur Nasional dan Pembangunan Daerah” ini, Rudi Gunawan membahas pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), bendungan dan sistem pengelolaan air minum. “Seminar ini akan menampung usulan saran dari stakeholder lokal mengenai perkembangan proyek nasional di Lampung dan dinamika yang terjadi. Sehingga bisa menjadi pertimbangan pemerintah pusat menyerap aspirasi daerah,” ujar Rudi.

Menurut Rudi, fokus perhatian KSP saat ini adalah memberi kan informasi kepada masyarakat yang kini hidup dalam lingkungan yang mudah terhasut Hoax Social Media (Digital Culture). Untuk itu pihaknya perlu melakukan banyak diskusi. KSP sebagai mata dan telinga Presiden harus mempunyai komunitas untuk meluruskan Hoax dengan pertemuan langsung dengan masyarakat. Misalnya melalui kerja sama dengan media Online Rilis.id dan Universitas Lampung.

Menurutnya, secara umum Provinsi Lampung memiliki letak yang strategis di pulau Sumatera. Sebagai pintu gerbang pulau terpadat nomor dua setelah Jawa, sehingga Lampung menjadi sasaran proyek strategis nasional (PSN).

Sementara itu, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo diwakili Plt. Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Provinsi Lampung Taufik Hidayat membuka Seminar Nasional ini.

Taufik Hidayat menyampaikan kini Kinerja Pembangunan Bidang Infrastruktur di Provinsi Lampung terintegrasi dengan program pembangunan pemerintah pusat sehingga menciptakan keselarasan pembangunan. “Pembangunan yang kini telah berlangsung di Provinsi Lampung yaitu Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Provinsi Lampung, total sepanjang 252,7 Km. Penanganan infrastruktur jalan dan jembatan, pembangunan irigasi untuk ketahanan pangan serta pembangunan infrastruktur lainnya,” ujar Taufik.

Berbagai pembangunan infrastruktur tersebut merupakan proses berkelanjutan yang akan terus dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung dalam upaya menjadikan Lampung sebagai daerah yang maju dan kesejahteraan masyarakatnya terus meningkat. (rls)