Perpustakaan Lampung Gunakan Aplikasi Android

BANDARLAMPUNG —- Perpustakaan Wilayah Lampung menggunakan aplikasi android untuk meningkatkan minat baca. Hal tersebut diungkapkan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Pembangunan Provinsi Lampung, Theresia Sormin saat memberi sambutan pada Upacara Mingguan di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, di Lapangan Korpri Kantor Gubernur.

Menurut Theresia, aplikasi tersebut menggunakan sistem otomasi perpusatakaan. “Kita menggunakan program aplikasi Inlist lite, program ini akan memudahkan pengolahan dan pelayanan perpustakaan sehingga masyarakat dapat mengakses koleksi perpustakaan melalui android,” ujar Theresia.

Seperti diketahui, pada  2016 minat baca Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61. Sementara UNESCO menyatakan minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001%.

Menyadari hal tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung terus mendorong lahirnya berbagai terobosan guna mengatasi rendahnya  minat baca masyarakat khususnya di Lampung.

Pengembangan perpustakaan dan kearsipan juga dilakukan melalui mobil perpusatakaan dan motor perpustakaan keliling untuk mendekatkan bahan bacaan hingga ke desa.

Selain itu, lanjut Theresia, Pemprov juga tengah membangun gedung perpustakaan yang modern dan multifungsi. “Semua dilakukan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Di bidang kearsipan, Pemprov Lampung juga merehab gedung depot dan galeri arsip. Untuk itu, ia mengimbau  seluruh SKPD untuk menyerahkan arsip statisnya sesuai jadwal retensi arsipnya untuk tertib admistrasi dan keberlangsungan pemerintahan akan bersih dan aman. (adv)