Pemprov Lampung Minta Muli Mekhanai 2018 Dapat Menjadi Duta Wisata Profesional

BANDAR LAMPUNG —- Pemprov Lampung berharap Muli Mekhanai Lampung 2018 dapat menjadi duta wisata yang smart dan profesional untuk mempromosikan Lampung di ajang nasional dan internasional. Hal tersebut disampaikan Pj. Sekdaprov Lampung Hamartoni Ahadis dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ibu Yustin Ridho Ficardo dalam Grand Final Pemilihan Muli Mekhanai Lampung 2018, di Ballroom Hotel Novotel, Bandar Lampung, Jum’at (3/8/2018).

“Muli Mekhanai merupakan salah satu aset sumber daya manusia Provinsi Lampung yang kreatif, inovatif, dinamis, berbudaya, memiliki kemampuan dan wawasan yang luas, berwawasan lingkungan serta mampu meningkatkan citra pariwisata daerah Lampung ditingkat nasional maupun intemasional. Untuk itu, kita harus mendukung kegiatan ini sehingga dapat terpilih Muli Mekhanai Lampung 2018 yang smart dan profesional di bidang pariwisata Lampung, dan di bidang lainnya sehingga mampu mempromosikan Lampung ditingkat Nasional, bahkan Internasional,” ujar Hamartoni.

Hamartoni menjelaskan pemilihan Muli Mekhanai 2018 merupakan bagian dari event Festival Krakatau, yang berperan sebagai media mempromosikan kepariwisataan Lampung secara Nasional dan Internasional. “Kegiatan ini harus kita dukung karena erat kaitannya dengan upaya pengembangan potensi kepariwisataan daerah. Mengingat para pemenangnya akan menjadi Duta Wisata yang mempromosikan Lampung sebagai destinasi wisata yang memiliki berbagai objek dan daya tarik,” jelas Hamartoni.

Malam final ini merupakan penentuan pemenang. Oleh karena itu, proses seleksi dan penilaian harus berdasarkan kemampuan individu dan kualitas secara keseluruhan. “Selamat berkompetisi kepada seluruh peserta. Manfaatkan event ni dengan maksimal untuk membuktikan kemampuan terbaik kalian,” jelasnya.

Menurut Hamartoni, para pemenang Muli Mekhanai 2018 harus diberikan pendidikan khusus dari dinas pariwisata untuk dapat menjadi duta profesional yang mampu mempromosikan Lampung secara Nasional dan Internasional.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Ibi Yustin Ficardo menjelaskan pelaksanaan pemilihan Muli Mekhanai 2018 telah berjalan semakin baik dari tahun sebelumnya. Pemenang Muli Mekhanai merupakan duta wisata yang akan memperkenalkan dan mempromosikan Lampung. “Saya berharap pemenang Muli Mekhanai 2018 dapat menjadi duta wisata profesional yang mampu mempromosikan Lampung secara Nasional dan Internasional,” harap Yustin.

Dalam kesempatan itu, Kadis Pariwisata Budiharto selaku Ketua Penyelenggara melaporkan peserta Grand Final Muli Mekhanai berjumlah 52 orang yang mewakili 12 daerah di Provinsi Lampung. Adapun yang tidak mengirimkan Muli Mekhanainya yaitu dari daerah Bandar Lampung, Mesuji dan Lampung Utara. “Para peserta Muli Mekhanai telah melalui beberapa kegiatan seperti wawancara, tes tertulis, wawasan kebudayaan, dan fil trip. Semua kegiatan tersebut tentunya dinilai oleh para juri Muli Mekhanai,” jelas Budiharto.

Ia menjelaskan pemenang Muli Mekhanai 2018 terdiri dari kategori Juara I Muli Mekhanai 2018, Juara II Muli Mekhanai 2018, Juara III Muli Mekhanai 2018, Muli Mekhanai Berbakat, Muli Mekhanai Intelegentsia, Muli Mekhanai Persahabatan, Muli Mekhanai Photogenic, Muli Mekhanai Favorit, dan Muli Mekhanai Kulit Sehat.

Adapun pemenang Muli Mekhanai Lampung 2018 yaitu Kiki Nur Alfian dan Erika Dwi Alviana sebagai juara I Muli Mekhanai, Ahmad Novriansyah dan Yulia Dwi Larasati sebagai juara II Muli Mekhanai, serta Dodi Al-Nahyan dan Anita Efendi sebagai juara III Muli Mekhanai.(rls)