RIB Klaim Ratusan Pemuda Muhamadiyah Dukung Jokowi

METRO – Ratusan kaum milenial Muhammadiyah Kota Metro mendeklarasikan diri mendukung Capres-Cawapres Nomor Urut 01, Ir. Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin. Deklarasi tersebut berlangsung di Barokah Meeting Point (BMP), Jum’at (12/4/2019).

Koordinator Wilayah Rumah Indonesia Berkemajuan (RIB) Provinsi Lampung, Ahmad Rifai mengklaim ratusan aktivis muda Muhammadiyah yang berada di 15 kabupaten dan kota se-Provinsi Lampung tersebut menyatakan dukungan untuk Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pemilu 2019 mendatang.

“Kami telah melihat dan menikmati langsung kerja nyata Pak Jokowi bagi pembangunan, baik itu Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dan Bandara Radin Inten II, yang memudahkan mobilitasi ekonomi dan sosial masyarakat Lampung. Tentu perlu keberlanjutan periode ke dua Pak Jokowi. Selain pembangunan fisik juga pembangunan sumber daya manusia,” ujarnya.

Pihaknya berjanji akan menggandeng seluruh elemen Muhammadiyah untuk memenangkan Jokowi-Amin di Lampung.

“Rumah indonesia berkemajuan ini diinisiasi awalnya oleh aktivis muda Muhammadiyah. Seperti saya Ketua Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) Provinsi Lampung. Hari ini para aktivis muda membulatkan tekad untuk mendukung pencapresan Jokowi kembali dan melanjutkan kerja nyata periode 5 tahun kedepan,” ucap Ahmad Rifai.

Dirinya juga tak menampik posisi Muhammadiyah yang netral di Pemilu 2019. Namun, menurutnya tidak menjadi persoalan apabila warga Muhammadiyah menyatakan dukungan kepada salah satu paslon.
“Jadi ini memang sikap personil kami dalam hal ini menyatakan dukungan terhadap Pak Joko Widodo. Jadi tidak melibatkan Muhammadiyah secara kelembagaan,” tegasnya.

Sementara itu, pengurus pusat RIB Sandro Andriawan,SH yang hadir dalam deklarasi tersebut menyampaikan bahwa deklarasi merupakan puncak dukungan dan konsolidasi segenap pendukung Jokowi.

“Karena RIB sendiri sejak Oktober telah membentuk jaringan baik pada tingkat kabupaten maupun kota, kecamatan, dan momentum deklarasi ini sebuah wujud sebenarnya banyak kader Muhammadiyah di Lampung yang salut dengan kepemimpinan Jokowi. Namun mereka selama ini memilih diam, dari pada harus bergesekan dengan sesama kader muhammadiyah yang selalu klaim sepihak ke pasangan yang satu nya,” tuturnya kepada awak media.

Ia juga mengaku telah melakukan pendekatan dari pintu ke pintu kepada warga untuk mendukung Jokowi-Amin.

“Di masa-masa kampanye ini kami telah melakukan gerakan temu sapa dan door to door ke pemilih milineal,” pungkas Sandro yang juga merupakan Ketua Infrastruktur dan Perhubungan PP Pemuda Muhammadiyah.

Dalam deklarasi tersebut, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Kota Metro Anna Morinda meyakini bahwa kehadiran pemuda Muhammadiyah dalam barisan pemenangan 01 dapat memaksimalkan perolehan suara, khususnya di Bumi Sai Wawai.

“Ini tambahan kekuatan yang sangat dinantikan. Untuk itu kami mengajak relawan untuk melawan hoax dan fitnah yang selama ini menyerang Jokowi. Caranya dengan memberikan penjelasan detial hoax tersebut, tetapi kami juga meminta relawan untuk tidak melawan Hoax dan fitnah dengan Hoax dan fitnah juga, namun merujuk pada prestasi dan kerja nyata Jokowi, khususnya bagi masyarakat Lampung,” tandasnya.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut juga hadir Ketua Jaringan Pengusaha Muda Muhammadiyah (JPPMU) Horo Wahyudi, ST, yang juga merupakan kader muhammadiyah Lampung dan saat ini duduk sebagai Ketua Ekonomi & Wirausaha PP Pemuda Muhammadiyah. (Arby)