Mantan Kapolda Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada Lampung

BANDAR LAMPUNG – Mantan Kapolda Lampung, Irjen Sudjarno terlihat lagi di Polresta Bandar Lampung, siang kemarin (27/3). Jendral bintang dua yang kini menjadi Kepala Korps ( Kakor) Sabhara Baharkam Polri itu ternyata datang untuk mengecek kesiapan pasukan menghadapi Pilkada serentak 2018.

Sudjarno mengaku pengecekan ini dilakukan di sejumlah provinsi. Dia memilih turun langsung ke Lampung untuk mengetahui perkembangan situasi provinsi yang pernah dia pimpin itu.

“Sebagai pembinan fungsi teknis sabhara saya ingin mengecek langsung. Di beberapa Polda sudah dicek oleh pati pati (perwira tinggi) korsabhara. Saya ke Lampung ingin tahu seperti apa kondisi Lampung,” katanya

Sujarno mengaku kedatangannya ke Lampung terkait pengamanan pilkada serentak 2018. Baik personel maupun sarana dan prasarana. “Personel siap enggak, peralatan yang kita berikan siap gak, dimaksimalkan nggak, efektif tidak, itu bagian dari evaluasi saya,” katanya.

Sementara itu, Sudjarno juga berkesempatan memimpin simulasi latihan pengamanan Pilkada 2018 di Lapangan Komplek Gubernur Lampung, Selasa (27/3) siang.

Dalam latihan itu, polisi mengerahkan 100 personil pengendali massa (Dalmas) Ditsabhara Polda Lampung. Pasukan Dalmas berlatih melakukan simulasi saat terjadi kerusuhan massa saat Pilkada 2018. simulasi latihan itu memperlihatkan massa berunjuk rasa dan terpaksa harus dibubarkan dengan gas air mata dan tembakan water Canon.

Lalu, setelah tim negosiator Ditsabhara Polda Lampung gagal melakukan negosiasi dengan massa. Ada beberapa alat yang disiapkan dalam latihan itu seperti mobil water canon, mobil pengurai massa berbentuk mobil komando lengkap dengan sound sistemnya. Selain itu juga ada pasukan K-9 atau pasukan satwa. (lpc/rdr)