Jelang Pilwakot Metro, Sejumlah Nama Tokoh Ramai Disebut

METRO – Sejumlah nama tokoh di Bumi Sai Wawai mulai menghiasi laman media sosial (Medsos) baik Facebook, Instagram, maupun WhatsApp. Sedikitnya terdapat 11 nama tokoh yang disebut bakal maju ke Pemilihan Walikota (Pilwakot) Metro pada 2020 mendatang.

Dari pantauan Reporter Harian BE 1 Lampung, sejumlah nama tokoh yang digadang bakal maju ke kontestasi Pilwakot tersebut diantaranya adalah petahana Wali dan Wakil Walikota Metro, Achmad Pairin dan Djohan.

Kedua nama tersebut berada pada urutan 1 dan 2 dalam situs bernama PolingKita.com, dengan judul Siapakah Calon Walikota Metro Periode 2021-2026 Pilihan Anda?. Tak hanya kedua nama itu, di urutan ketiga terdapat nama Ketua DPRD Kota setempat yaitu Anna Morinda. Di urutan ke Empat muncul nama Achmad Chrisna Putra yang merupakan mantan Pj. Walikota Metro yang dilantik pada 20 Agustus 2015 lalu.

Dilanjutkan urutan kelima mencuat nama anak Mantan Walikota Metro Dua Periode Lukman Hakim yaitu Fritz Ahmad Nuzir. Sementara di nomor 6 terdapat nama Wahdi Sirajuddin yang merupakan ketua yayasan AMC Grup.

Diurutan ke 7 dan 8 tertera nama Politisi senior dari PKS dan Golkar yaitu Nasriyanto Effendi dan H. Ampian Bustami. Sementara di nomor 9 Dr. Ardito Wijaya yang merupakan putra pertama Walikota Metro Achmad Pairin juga muncul dalam poling tersebut.

Dan terakhir di urutan ke 10 dan 11 terdapat dua nama anggota legislatif aktif yang juga disebut. Keduanya adalah Tondi MG Nasution dari Partai Golkar dan Fahmi Anwar dari Partai Demokrat.

Kesebelas nama tersebut muncul dan menghiasi laman grup media sosial, padahal KPU Kota Metro sendiri belum menentukan jadwal tahapan untuk pemilihan kepala derah serentak tahun 2020 tersebut.

Sementara, nama-nama yang mencuat tersebut belum dapat dikonfirmasi oleh awak media. Namun tanda-tanda mensosialisasikan diri sudah mulai terlihat dalam bentuk baliho yang bertebaran dibeberapa sudut Kota dengan bertuliskan ucapan selamat menjalankan ibadah puasa dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, kini polling mengenai nama-nama kandidat yang berseliweran di media sosial tersebut terdapat 3 nama besar yang diungguli oleh Anna Morinda, kemudian disusul Achmad Chrisna Putra, dan terakhir Wahdi Sirajuddin.

Dari pantauan BE 1 Lampung kedalam konten situs online tersebut sekira pukul 13.35 WIB pada Jum’at (24/5/2019), nama Anna Morinda mengungguli perolehan suara, dengan presentase 37,7 % atau 421 suara yang diperoleh dari total 1.117 partisipan. Sedangkan Chrisna Putra mendapat 16,7 % atau 186 suara, dan disusul Wahdi Sirajuddin dengan 14,3 % dengan perolehan 160 suara.

Bila mengacu pada Pilwakot Metro tahun 2015 yang digelar 9 Desember 2015 lalu, maka tahapan Pilwakot tahun 2020 biasanya berlangsung paling lambat enam bulan sebelumnya. Masa jabatan Achmad Pairin sendiri akan berakhir di tahun 2021. (Arby)