KPU Metro Targetkan Pelipatan Susu Rampung 5 Hari

METRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro menargetkan proses pelipatan Surat Suara (Susu) bakal rampung dalam lima hari ke depan. Hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Metro Drs. Sukatno, SP saat di konfirmasi media di Gudang Logistik Pemilu yang bertempat di GOR Bumi Sai Wawai, Kamis (7/3/2019).

“Targetnya kita berharap waktu itu lima hari. Tapi kalau lima hari itu belum rampung akan kita perpanjang sampai dengan selesai. Kita tidak boleh buru-buru karena ini harus cermat dan teliti,” ucapnya.

Ia menerangkan, dalam pelipatan dan penyortiran Susu tersebut melibatkan ratusan warga sekitar.

“Jadi untuk KPU Kota Metro pada hari ini mengerahkan masyarakat sekitar kota metro itu terdiri dari 20 kelompok masyarakat. Jumlah totalnya sekitar 180 sampai 200 orang,” ujarnya.

Sukatno juga menyampaikan bahwa ratusan pelipat susu tersebut telah dipastikan identitasnya.

“Tadi sebelum dimasukan di GOR ini kita apelkan dulu, kita pastikan bahwa seluruh petugas yang melakukan pelipatan yang pertama, dia tidak terlibat dalam partai politik, kedua dia tidak merupakan caleg, yang berikutnya dia bukan merupakan tim kampanye,” tuturnya.

Dalam pelipatan susu di hari pertama, pihaknya belum dapat memastikan jumlah susu yang rusak dan tak layak.

“Setelah beberapa kelompok ini tadi kita laksanakan pengawasan ada beberapa surat suara yang sedikit tidak layak. Dan telah kita singkirkan, nanti setelah rampung semua surat suara yang rusak tadi kita hitung dan kita laporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi supaya dilakukan penggantian,” pungkasnya.

Sementara dari pantauan di lokasi pelipatan, terlihat pengawasan ketat aparat Kepolisian dan Bawaslu serta petugas KPU. (Arby)