Tim Itwasum Mabes Monitoring Operasi Mantap Brata 2019 Polda Lampung

BANDAR LAMPUNG – Tim Itwasum Mabes Polri melakukan pengawasan Operasi Mantap Brata 2019 Polda Lampung.

Selain pos Polda Lampung, tim yang dipimpin Kombes Pol Agnes Supraptiningsih itu juga akan melakukan pemeriksaan di seluruh Polres. Tujuannya, untuk mengetahui kekuatan personil, tindakan, target operasi dan tolak ukur kinerja operasi dalam Pemilu 17 April mendatang.

Dalam pemeriksaan itu, Kombes Pol Agnes Supraptiningsih membawa dua anggota lainnya,yakni Kombes Pol Yakub Dedy Karyawan dan Kombes Pol Lukas Arry Dwiko Utomo

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kegiatan pengawasan dan pemeriksaan merupakan salah satu fungsi yang menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas Polri. Sebab dengan melaksanakan wasrik dapat diukur tingkat efektifitas, efisien, produktivitas, kapabilitas dan akuntabilitas dari satuan – satuan Polri,” kata Karo Ops Polda Lampung Kombes Pol. Yosi Hariyoso saat menerima kunjungan Tim di Posko Mantap Brata Polda Lampung.

Menurutnya, melalui kegiatan wasrik dapat diketahui sejauh mana keberhasilan pencapaian sasaran–sasaran yang telah ditetapkan dan apakah tugas–tugas telah dilaksanakan secara baik dan benar.

Dia menambahkan, Wasrik merupakan salah satu fungsi kontrol agar mekanisme kerja yang ada di lingkungan Polri tidak keluar dari jalur yang telah ditetapkan.

“Ini momentum yang sangat baik bagi Polda Lampung untuk mengetahui sejauh mana kinerja yang telah dilaksanakan dan mengetahui apa saja yang perlu menjadi perhatian dalam rangka perbaikan,” jelasnya.

Yosi juga berharap Tim Wasrik Itwasum Polri dapat memberikan masukan yang berguna dan bermanfaat, terutama bagi kemajuan dan peningkatan kinerja Polda Lampung beserta jajarannya, khusus kepada para Kasatker tingkat Polda maupun kewilayahan.

“Para Kasatker diharapkan dapat menyiapkan satkernya sebagai obyek wasrik serta memberikan masukan serta data yang diperlukan tanpa ada yang ditutup–tutupi agar wasrik dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan. Hal ini yang harus dipenuhi dlm pemeriksaan,” katanya.

Sementara anggota Tim Wasrik, Kombes Pol Lukas Arry Dwiko Utomo mengatakan, kedatangan tim hanya memastikan sejauh mana kebijakan dan petunjuk rencana operasi terpusat Mantap Brata 2019 di wilayah Polda Lampung dan kendala yang ditemukan sebagai bahan evaluasi.

Tim melakukan pengawasan operasi meliputi manajemen operasi sumber daya manusia sarana dan prasarana serta pendukung anggaran Operasi Mantap Brata 2019 yang yang merupakan operasi terpusat dalam penyelenggaraan Pemilu yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden pemilihan legislatif daerah hingga ke pusat dan anggota DPD RI.

Tim melakukan pengecekan Posko Mantap Brata 2019, dimulai dari Polda Lampung dan selanjutnya akan melakukan evaluasi di jajaran masing-masing Polres, yaitu Polres Lampung Tengah, Lampung Utara Lampung Barat dan Polres Way Kkanan hingga 3 hari ke depan.

Tim Wasops yang berada di Polda Lampung ini dilaksanakan agar kegiatan mantap Brata 2019 dapat berjalan lancar efektif dan efisien serta memberikan manfaat bagi peningkatan kinerja Polri dan para pelaksana kegiatan operasi tersebut.

Para tim sebelumnya juga diterima oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi di ruang kerjanya bersama Irwasda Polda Lampung dan Karo ops Polda Lampung. Nantinya Tim juga akan bertemu para Kapolres/ta jajaran dan pengemban fungsi Renmin serta fungsi Anggaran. (rls)