Ditinggal Kawan, Pencuri Babak Belur Dimassa

METRO – Sudah jatuh ditinggal kawan. Begitu nasib SM (35), sesaat setelah melakukan upaya pencurian di wilayah Metro Pusat, Sabtu (25/8/2018).

Alhasil, pria asal Desa Tanjung Ratu, Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) itu babak belur menjadi bulan-bulanan warga.

Kasat Reskrim Polres Metro AKP Try Maradona menjelaskan, aksi pelaku tersebut terhenti saat korbannya melihat dua orang yang mencurigakan masuk ke dalam rumah warga. Dan saat hendak membawa kabur motor, pelaku diteriaki maling.

“Korban melihat melihat ada dua orang pelaku masuk ke rumah saudara Helmi Gumilar yang saat itu dalam keadaan kosong, dan pelaku mengacak-acak rumah tersebut. kemudian salah satu pelaku masuk kerumah korban melalui dapur yang memang bergandengan. Kemudian pada saat salah satu pelaku akan membawa motor milik korban, kemudian korban dan saksi berteriak maling dan sontak anggota Polri yang memang berada dilokasi bersama warga mengamankan pelaku,” jelasnya.

AKP Try mengungkapkan, aksi para pelaku tersebut dilakukan pada pagi hari, tanggal 25 Agustus 2018, sekira pukul 10.00 WIB. Dan dari tangan tersangka petugas mengamankan barang bukti hasil kejahatan.

“Untuk TKP nya sendiri terdapat di kediaman warga yang terdapat di jalan Wijaya Kesuma 15 Polos, RT/RW, 02/01 Kel. Metro, Kec. Metro Pusat. Yang melaporkan atas nama Arsyil Mangku Tantowi Bin Tantowi. Untuk saksinya juga warga sana atas nama Romli Yansi. Barang bukti yang diamankan berupa 1 unit R2 merk Mio J warna hitam, Kunci leter T, dan sajam jenis badik, serta Hp milik pelaku,” paparnya.

Hasil pengembangan sementara dari pelaku yang diamankan, dirinya mengaku telah melakukan aksi serupa di beberapa titik di Provinsi Lampung.

“Ada 2 TKP diwilayah hukum Kota Metro yakni LP Polres dan Polsek Metro Selatan, 5 TKP di wilkum Bandarlampung, dan 2 TKP di wilkum Lamteng,” ungkap Kasat Reskrim.

Guna penyidikan dan pengembangan lebih lanjut, satu orang pelaku beserta barang bukti diamankan Satreskrim Polres Metro. Sementara satu orang lainnya berinisial TK masih buron dan masuk DPO Polres Metro. (Arby)