Survei SMRC : Ridho – Bachtiar Paling Disukai

BANDARLAMPUNG – Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan pasangan nomor urut 1 Pilkada Lampung, Ridho Ficardo – Bachtiar Basri paling disukai oleh masyarakat wilayah tersebut.

Direktur Program SMRC, Sirojudin Abbas menjelaskan, faktor yang berkontribusi keunggulan petahana karena kepuasan kinerjanya cukup tinggi dan sektor-sektor publik diterima dengan baik oleh masyarakat.

“Petahana ini juga cukup disukai pemilih, dari total 80 persen itu suka dan petahana juga cukup meyakinkan dengan pengalaman dan bukti hasil kerjanya yang sudah dirasakan pemilih di Lampung,” katanya di Hotel Emersia, Minggu (25/3/2018) malam.

Menurutnya, pertarungan pilkada masih cukup panjang sampai tiga bulan kedepan dan penantang terdekatnya calon Gubernur Lampung Herman HN. “Jika Cagub Herman HN sosialisasi dengan benar dan isunya benar, kemungkinan Herman akan meningkatkan ektabilitasnya dalam jumlah yang signifikan,” kata dia.

Dia menambahkan, karena itu petahana harus bisa menjaga ektabilitas dan keyakinan publik untuk kemampuannya memimpin. “Dan harus memastikan program-programnya jalan yang bisa dirasakan masyarakat Lampung,” katanya.

Survei dilakukan pada 3–8 Maret 2018, dengan 96 persen responden lebih mengenal cagub yang juga didukung Perindo itu dibandingkan para cagub lain.

Sirojudin Abbas mengatakan, dalam lima bulan, tren popularitas dan tingkat disukai, cagub petahana tidak banyak berubah.

“Melihat kondisi pelaksanaan pemerintah di Lampung sekarang ini 62 persen warga menilai yang baik dari sisi kondisi ekonomi sekarang baik dibandingkan tahun lalu lebih baik tahun ini,” katanya.

Selain kondisi ekonomi, segi pendidikan dan kesehatan cukup terjangkau serta kondisi infrastruktur dan pelayanan juga sangat baik. “Dengan kenerja Ridho masyarakat cukup puas dan tren kinerja calon petahana cukup meningkat dibandingkan gubernur (Lampung) sebelumnya,” kata dia.

Dia menambahkan, bahwa kepuasan terhadap kerja Ridho Ficardo sebagai gubernur mencapai 66 persen. Sedangkan kepuasan terhadap Bachtiar Basri sebagai wakilnya sedikit lebih rendah yakni 59 persen.(net)