Ismet Roni Gagas Masjid Agung Lampung

BANDARLAMPUNG – Wakil Ketua DPRD Lampung, H. Ismet Roni, S.H., menggagas adanya pembangunan Masjid Agung di Provinsi Lampung. Masjid yang digagas tersebut diupayakan menjadi masjid termegah dan modern serta bisa menampung jamaah dalam jumlah banyak. Selain itu masjid ini juga diharapkan dapat menjadi tempat syiar agama, kegiatan kemasyarakatan serta dapat menjadi icon dan objek wisata rohani baik oleh masyarakat Lampung maupun masyarakat di luar Provinsi Lampung.

“Nanti anggarannya akan kami perjuangkan dan bisa masuk dalam APBD Provinsi Lampung 2018. Sehingga pembangunannya bisa segera terealisasi,” terang Ismet Roni, kemarin.

Menurut Ismet Roni, di berbagai provinsi lain kini sudah ada masjid agung yang megah dan modern. Masjid-masjid tersebut bisa dikatakan menjadi icon dan nilai jual pariwisata bagi daerah masing-masing sehingga menjadi kebanggaan masyarakatnya.

“Jadi mengapa Lampung tidak bisa. Mengenai dana pasti ada saja sumbernya. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan saja bisa membangun masjid megah. Masjid di UIN Raden Intan itu dibangun dari hasil swadaya, dana corporate social responsibility (CSR) serta infaq dan sodaqah para mahasiswa dan dosen. Masak Pemprov Lampung tidak bisa. Ini yang mengusik keperihatinan kami di dewan. Untuk itu, saya akan mengajak teman-teman fraksi lain untuk memperjuangkan berdirinya masjid Agung di Lampung dalam APBD Tahun 2018,” urai Ismet roni.

Sementara mengenai lokasi dan arsitektur masjid Agung ini sendiri, Ismet Roni menyerahkan sepenuhnya kepada tokoh masyarakat dan pemangku kepentingan yang menguasai secara teknis untuk bermusyawarah.

”Kalau itu silakan semua urun rembuk. Prinsipnya Lampung harus memiliki masjid Agung sehingga bisa menjadi icon dan kebanggaan bagi daerah ini,” tutupnya.

Hal senada juga diungkapkan anggota DPRD Lampung, H. Azwar Yakub. Menurut anggota Komisi IV DPRD Lampung ini, dirinya sependapat Lampung kini harus memiliki masjid Agung.

“Kebetulan saya ada di Komisi IV DPRD Lampung yang membidangi masalah pembangunan dan infrastruktur. Jadi nantinya tekad untuk membangun masjid Agung di Lampung ini akan kami prioritaskan untuk dianggarkan dalam APBD Lampung tahun 2018. Apalagi ini niatnya mulia,” tegasnya.(red)