Badri Ingatkan Netral, ASN Malah Foto Bareng Cawagub

BANDARLAMPUNG – Sekretaris Kota Pemkot Bandarlampung, Badri Tamam,  menghimbau aparatur sipil negara (ASN) di lingkungannya untuk netral. Ini mensikapi momen pilkada gubernur dan wakil Gubernur (Pilgub) Lampung, Juni mendatang.

Sebagaimana dikutip dari website rri.co.id, Badri Tamam, Rabu (10/01) mengatakan, sebagai ASN harus netral dalam pesta demokrasi Pilgub Lampung. Untuk itu para ASN dihimbau tidak ikut terlibat langsung mendukung para pasagan calon.

Yang menarik disaat yang sama, ternyata himbauan ini terkesan seperti angin lalu. Buktinya di media sosial beredar foto salahsatu ASN yang berpose bersama Bakal Cawagub, Sutono yang berpasangan dengan Walikota Bandarlampung, Herman HN sebagai Calon Gubernur Lampung yang telah mendaftar di KPU, Senin (8/1).

“Kami akan selidiki terkait kebenaran foto tersebut. Saya sudah minta Panwas Kota Bandarlampung mendalaminya,” tegas Komisioner Bawaslu Lampung, Adek Asy’ari saat dimintakan pendapatnya soal foto ASN ini, semalam.

Disisi lain, Adek juga menyindir soal ketidakhadiran Plt Kadis PU Bandar Lampung, Iwan Gunawan yang mangkir dari undangan pemeriksaan Panwaslu Kota Bandarlampung untuk keduakalinya. Iwan rencana dipanggil terkait ucapan selamat atas diresmikan fly over Mal Boemi Kedaton bergambar Herman HN dan bertuliskan Calon Gubernur Lampung.

Setelah mangkir pemeriksaan Sabtu (6/1) lalu, Panwas menjadwalkan pemeriksaan kedua Iwan Gunawan, Senin (8/1/2018). Namun, setelah ditunggu, Iwan Gunawan juga tak datang ke kantor Panwas. Iwan tidak memberikan keterangan atas ketidakhadirannya.

“Sebagai ASN, apalagi pejabat atau pimpinan satuan kerja perangkat Daerah, harusnya bisa memberi contoh soal kedisiplinan mematuhi setiap regulasi yang ada. Saya menyesalkan ketidakhadiran tanpa alasan yang jelas. Saya sudah minta Panwas Bandarlampung memanggil sekali lagi. Jika tetap tak hadir, berikan peringatan dan pemberitahuan ke atasan atau pihak terkait terhadap sikap terlapor yang terkesan tidak kooperatif hingga dapat dilakukan pembinaan,” tegas Adek.(red)