Warga Jompo Sanjung Program Bedah Rumah Bupati Mesuji

MESUJI – Dinas Perumahan dan Pemungkiman (Disperkim) Kabupaten Mesuji melakukan penyerahan rumah khusus bagi warga penerima bantuan bagi warga jompo di Desa Pancawarna, Kecamatan Way Serdang. Penyerahan dilakukan langsung oleh Kabid Perkim, Camat Way Serdang, Kepala Desa dan beberapa TPM.

Kepala Desa Pancawarna Abdul Kadir Zainali mengatakan, penyerahan rumah khusus bagi orang jompo dan janda ini tentunya sangat luar biasa. Sebab, sejak didirikan tahun 1983 sampai 2018 keadaan rumah warga masih papan. Namun di tahun 2018 bisa berganti menjadi rumah permanen.

“Ini tentunya sangat luar biasa upaya pemerintah Kabupaten Mesuji dikepemimpinan Bupati Mesuji Khamami. Atas bantuan yang diberikan ini tentunya kami ucapankan terimakasih kepada Bupati Mesuji yang telah peduli terhadap nasib masyarakat khusus Desa Pancawarna,”jelas Abdul Kadir.

Kata dia, sejak tahun 1983 hingga tahun 2018 masyarakat tidak mampu membangun rumah secara permanen. Akan tetapi di tahun 2018 bisa terwujud dari tangan pemerintah bahkan langsung dibangun tanpa membebankan si penerima.

“Ini sangat luar biasa trobosan dan program Bupati Mesuji, Khamami yang sangat peduli terhadap masyarakat miskin, terutama bagi orang tua jompo dan janda. Karena tanpa adanya uluran tangan dan kepeduliannya maka belum tentu bisa memiliki rumah secara permanen,” katanya.

Senada dikatakan Camat Way Serdang I Komang Sutiaka SH, mengatakan bahwa apa yang menjadi harapan masyarakat tentunya disambut dengan baik oleh Bupati Meusji sehingga terbentuk program unggulan yakni program rumah baperlahu (Rumah Kita).

“Kita tentunya sangat bersyukur atas kepedulian Bupati Mesuji Khamami atas apa yang telah digelontorkannya terhadap masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Mesuji khususnya di Kecamatan Way Serdang,”papar Komang.

Dikatakan Komang, apa yang dilakukan merupakan salah satu janji Bupati saat kampaye beberapa waktu lalu.

“Ini janji nyata Bupati yang memang sangat peduli kepada masyarakat, perlu kita ketahui bahwa dengan anggaran Rp32 juta bisa terbangun dan masyarakat bisa menikmati fasilitas rumah secara permanen. Dan kita perlu ketahui bahwa Program ini hanya ada di Kabupaten Mesuji,”tegasnya.

Sementara Kabid Perumahan dan pemukiman Andre Al Rendra mengatakan serah terima rumah yang dilaksanakan di Desa Pancawarna ini merupakan yang kedua dan ini tentunya sangat kita apresiasi. Sebab, baru dua desa yang menyerahkan secara langsung dari keseluruhan program yang digelontorkan Bupati Mesuji sebanyak 1.234 KK.

“Kita sangat apresiasi dengan Desa Pancawarna karena ini merupakan desa kedua yang sudah menyerahkan kepada keluarga jompo,”imbuhnya.

Dikatakan Andre, perlu kita ketahui bahwa program yang digelontorkan Bupati Mesuji ini secara menyeluruh sebanyak 1234 KK, dan program ini merupakan satu-satunya di Indonesia.

“Program ini satu-satunya diindonesia, meskipun APBD terkecil di Lampung namun Bupati Khamami mampu menganggarkan sebanyak Rp27,150 milyar. Bahkan di APBD Perubahan ditanbah 100 Rumah. Artinya Bupati sangat peduli kepada masyarakat Mesuji,”tegasnya. (hendy)