TMMD di Pesibar, Mulai Rehab Mushola Hingga Pemberdayaan Keluarga Miskin

KRUI – Setelah melakukan donor darah, jajaran TNI melakukan sejumlah kegiatan bakti sosial dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar).

Yang teranyar adalah menggelar sunatan massal yang melibatkan 75 anak-anak, pengobatan massal dan pemberian KB kesehatan di Pekon Ulok Mukti, Kecamatan Ngambur.

“Kegiatan bhakti sosial tersebut dilakukan Denkesyah 02 03 04 wilayah Lampung bekejasama dengan Dinas Kesehatan Pesibar,” jelas Dandim 0422/LB, Letnan Kolonel Iskandar.

Ditambahkannya, pada Jumat (29/9) kemarin, jajaranya juga melaksanakan pembuatan satu poskamling di Ulok Mukti, rehab mushola di Dusun Siring Napal, Ulok Mukti, serta melaksanakan pemasangan tiga buah gorong-gorong dan pembuatan jembatan di Siring Napal.

“Jumlah personil yang mengikuti pembuatan jembatan tersebut 70 orang, terdiri dari 20 anggota TNI AD dan 50 warga setempat,” jelas Dandim.

Masih di hari yang sama, kata Dandim, pihaknya juga melakukan penyuluhan tentang pemberdayaan keluarga miskin dan homoditas adat. Penyuluhan ini diikuti 58 warga Ulok Mukti, dilakukan untuk menyampaikan informasi komunikasi kebijakan dan program dalam rangka pengentasan kemiskinan kepada para fakir miskin di pedesaan.

Kata Dandim, tujuan acara penyuluhan itu antara lain, melahirkan individu masyarakat yang mandiri, menciptakan lingkungan yang memiliki etos kerja yang baik sehingga mampu menciptakan kondisi kerja yang sehat dan saling menguntungkan. Kemudian menciptakan masyarakat untuk memiliki kesadaran tinggi akan potensi diri disekitar lingkungannya dengan baik, melatih agar kemampuan masyarakat melakukan perencanaan dan bertanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini juga akan menambah kemampuan berpikir,
bernegosiasi atau mencari solusi terhadap permasalahan yang mungkin ditemui dilingkunganya, serta memperkecil angka kemiskinan dengan cara meningkatkan potensi dan kemampuan dasar yang dimiliki masyarakat,” pungkasnya.

Acara penyuluhan tersebut dihadiri Widodo dan Hariwiyono dari Dinas Sosial Pemkab Pesibar, Pemangku Enam Siring Gading dan Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0422/LB Kapten, Corp Perhubungan (CHB) Genthis Haryono. (*)