Lepas 127 Calon Haji, Mukhlis Titip Doa

LEPAS CALHAJ. Bupati Lampung Barat (Lambar), Mukhlis Basri saat melepas jemaah calon haji di Islamic Centre, Sekuting Terpadi, Lambar, kemarin (12/8).

LAMPUNG BARAT – Bupati Lampung Barat (Lambar), Mukhlis Basri, melepas keberangkatan 127 orang calon jamaah haji asal daerah di Islamic Center, Sekuting Terpadu, Minggu (13/8).
Turut hadir saat pelepasan itu, Pj. Sekdakab Lambar Akmal Abdul Nasir, asisten bupati, staf ahli, Kapolres Lambar AKBP Tri Suhartanto, Kepala Kemenag Kabupaten Lambar Drs. Mohammad Suhanda M.Pd.I, serta kepala OPD Kab Lambar

“Calon jamaah haji tahun ini patut bersyukur karena mendapat giliran sebagai tamu Allah. Untuk mendapatkan status itu, tidak mudah karena harus berlomba-lomba dengan ribuan calon pendaftar yang sudah antri sejak beberapa bulan yang lalu. banyak orang yang hartanya sudah cukup, hidupnya sudah mapan, bekalnya sudah cukup, tetapi belum mendapatkan giliran untuk berangkat,” kata Bupati dalam sambutannya.

“Pada pagi hari ini (Minggu, Red), kita sama-sama berkumpul disini dalam suasana hati yang bersih. Jiwa penuh rasa syukur, rasa haru dalam balutan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Betapa tidak, untuk kesekian kalinya kita menghantarkan sanak saudara, orang tua, bapak, ibu, tetangga dan kerabat kita yang akan mulai melaksanakan perjalanan suci, perjalanan yang senantiasa di idam-idamkan oleh setiap umat Islam yang beriman,” kata

Menurut Mukhlis, ini merupakan sebuah cerminan keberhasilan dari pelaksanaan pembangunan di Lambar, dimana rakyatnya hidup makmur, warganya taat ibadah dan selalu berpegang teguh pada ajaran Allah, agar dalam kehidupan ini kita jadikan sebagai hamba yang pandai bersyukur.

“Dengan bersyukur itulah karunia dan nikmat akan ditambah. Semua yang kita lakukan akan menjadi anugerah yang teramat indah,” ungkapnya.
Mukhlis juga berharap paracalon jemaah haji menjaga kesehatan selama menjalani ibadah di Tanah Suci.

“Perjalanan yang bapak dan ibu lakukan tentunya memerlukan energi yang tidak sedikit. Karena itu, jagalah fisik dan kesehatan,” pesannya.
Dalam pengantarnya, Mukhlis juga menitip doa kepada calon jemaah haji untuk memanjatkan doa agar Lambar senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT. “Jauhkan dari bala bencana serta marabahaya, dekatkan jalan untuk membangun dan mencari rezeki bekal memperbaiki kualitas umat,” harapnya.

Berdasarkan laporan kepala Staf Penyelenggaraan haji kabupaten Lambar, Mohammad Suhanda, jumlah calon jamaah haji tahun 2017 yang siap diberangkatkan melalui BPIH ini sebanyak 127 orang.

Dari jumlah tersebut, kloteer 34/JKG diberangkatkan Minggu, sementara untuk 2 orang CJH yang tergabung dalam kloter 56/ JKG diberangkatkan pada 22 Agustus 2017. Rinciannya, 57 orang pria dan 70 orang wanita, termasuk petugas daerah.
“Semuanya berangkat dari Masjid Islamic Center Sekuting Terpadu,” jelasnya.

Untuk informasi CJH tahun 2017 Kab Lambar kata Suhanda, CJH tertua tercatat atas nama Darmo Suwito Idris yang lahir di Jawa Tengah pada 2 April 1934 atau berumur 84 tahun dari kecamatan Way Tenong. Sementara wanita tertua bernama Khodijah Drauf Bagus, kelahiran Kota Besi 1 Juli 1934 atau berumur 83 tahun. Ia beralamat di Pekon Awi Desa Kegeringan, Kecamatan Batu Brak.

“Kemudian calhaj termuda adalah Heriyanto Sujadi Rejasatam, yang lahir di Jateng pada 10 Juli 1979 atau berumur 38 tahun. Ia beralamat di Mekar Sari BNS. Sedangkan calhaj wanita termuda adalah Ade Siti Aisyah Tamdin yang lahir di Tasik Malaya 17 Oktober 1980 atau berumur 36 tahun, alamat pekon Purawiwitan kecamatan Kebun Tebu,” jelasnya.
Selanjutnya Calhaj yang akan tergabung dengan jamaah haji dari kabupaten lain yaitu jemaah kota Bandar Lampung Pesawaran masuk dalam gelombang ke dua kloter 34 Emberkasi Jakarta.

Kemudian untuk petugas kloter dan petugas daerah pada kloter 34 ini oleh Kementrian Agama RI diberikan kepercayaan kepada H.Ali Mukhtar selaku TPHI , H.Johan Yusuf (TPIHI), Dr. Jhons Fatriyadi (TKHI) dan sebagai paramedis Henny Mayangsari dan Efendy Muhibin.

“Sebagai petugas daerah yang akan mendampingi Calhaj Kab, Lambar sesuai dengan yang ditunjuk Bupati No B.341/KPTS/02/2017 26 APRIL 2017 yaitu Maryadi (TPHD),” jelasnya.
Calhaj yang dilepas kemarin diterima panitia Emberkasi Provinsi Lampung di Asrama Haji Rajabasa Bandar Lampung. Keesokannya, Senin (14/8) pukul 07.15 WIB diberangkatkan dari Asrama Haji Rajabasa menuju Bandara Raden Inten II Branti. Pukul 10.35 WIB diterbangkan dari Branti ke Bandara Sukarno Hatta Jakarta, pukul 13.30. Dan pada hari yang sama diterbangkan ke Arab Saudi dan diperkirakan akan tiba di Bandara Jeddah pukul 19.50 WAS.

“Selanjutnya pemondokan dan pemulangan jamaah haji selama di tanah suci Mekah jamaah Lambar akan tinggal dan menempati Maktab 09 di wilayah Syisyah . Setiap ada perkembangan baru atau terjadi perubahan jadwal tentunya selalu akan di koordinasikan dengan panitia provinsi maupun panitia nasional untuk selanjutnya akan dilaporkan kepada Bupati dan akan di sampaikan kepada keluarga jemaah secepatnya sesuai situasi,” pungkasnya. (Zulfikar)