Dengan Kentroman, Kapolres Ingin Kelurahan di Metro Tetap Kondusif

METRO – Kapolres Metro AKBP Umi Fadilah Astutik, S.Sos, S.Ik, M.Si meminta warga di dua kelurahan di Bumi Sai Wawai tetap menjaga situasi aman wilayahnya. Hal itu disampaikan Kapolres saat memberikan Kentongan Metro Aman (Kentroman) dalam rangka pengecekan Pos Kamling ke sejumlah kelurahan di Kecamatan Metro Selatan, Jum’at (17/11/2018).

“Saya inginkan kentongan yang kami beri nama kentroman atau Kentongan Metro Aman ini dapat menjadi semangat masyarakat untuk menjalankan ronda di lingkungannya, sehingga situasi aman dan kondusif tetap tercipta,”ucap Kapolres.

Dalam pengecekan poskamling tersebut, Kapolres mengapresiasi warga Kelurahan Sumbersari dan Rejomulyo yang telah berperan dalam menjaga Kamtibmas dengan mengaktifkan Pos Kamling di lingkungannya.

“Terimakasih kepada pak RT, pak RW yang telah menghidupkan Pos Kamling ini, saya sangat senang sekali pos kamling ini aktif, selain untuk menjaga kamtibmas, Pos Kamling ini juga sebagai perekat hubungan silaturahmi antar warga RT disini, dalam tanda kutip harus sering di rolling untuk yang berjaga di pos kamling,” kata dia.

Selain itu Kapolres juga menilai, suasana di dua Kelurahan dalam Kecamatan Metro Selatan yang bagai Kota rasa desa tersebut tetap berpotensi terjadinya tindak kriminal, maka warga diminta untuk terus mengaktifkan pos kamling di masing-masing RT dan RW.

“Metro Selatan ini situasi Kota rasa desa, Kentongan ini masih sangat diperlukan, untuk menjaga kamtibmas di lingkungan RT disini dan saya sangat menghimbau warga untuk mengaktifkan pos kamling. Jika melihat sesuatu yang dicurigai jangan takut untuk melapor ke Bhabinkamtibmas, bila perlu langsung ke Polres Metro, saya juga minta warga di Metro Selatan untuk membuat kentongan dirumahnya agar nanti bapak-bapak yang menjaga di pos kamling bisa mendengar dan bertindak cepat bila terjadi hal mencurigakan,” tuturnya.

Menanggapi pemberian Kentroman tersebut, Ketua RW 03 Kelurahan Sumbersari, Ansori mengapresiasi terobosan Polres Metro dalam menciptakan Kamtibmas dilingkungan.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran Kapolres Metro beserta rekan-rekan Polres Metro yang bersedia datang ke lingkungan kami untuk memberikan himbauan serta fasilitas bagi rekan-rekan yang melaksanakan jaga malam di pos kamling kita. Ini kebanggaan bagi warga bila pimpinan langsung turun untuk mengecek keamanan dilingkungan,” ucapnya saat diwawancara awak media.

Dari pantauan di lokasi, Polres Metro yang dipimpin oleh Kapolres Metro AKBP Umi Fadillah Astutik melaksanakan pengecekan Pos Kamling di RT 13 dan 14 RW 03 Kelurahan Sumbersari, dan dilanjutkan ke Poskamling yang terdapat di RT 02 RW 01, Kelurahan Rejomulyo, Kec. Metro Selatan.

Selain Kentroman, Polres juga memberikan sarana penunjang ronda seperti Senter, Jam dinding, dan Tongkat T. (Arby)