Bangun Pelabuhan, Khamami Temui Menhub

MESUJI – Upaya Pemkab Mesuji akan membangun pelabuhan di Kecamatan Rawajitu Utara ternyata bukan isapan jempol. Buktinya, Bupati Mesuji Khamami menemui Kementerian Perhubungan terkait pembangunan pelabuhan tersebut.

Saat menemui, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya, dan Dirjen Perhubungan Laut Antonius Tony Budiono, Khamami memaparkan potensi bila di Kecamatan Rawajitu Utara dibangun pelabuhan.

Dalam pertemuan itu, Khamami didampingi Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Sosial Budaya, Widada mengatakan kunjunganya tersebut guna membahas tentang rencana pembangunan pelabuhan di wilayah Rawa Jitu Utara.

Dikatakan Bupati Khamami, dalam pertemuan itu, Menhub mendukung sepenuhnya pembangunan pelabuhan tersebut sebagai perwujudan dari konsep Nawacita Presiden Joko Widodo, yakni memperkuat jati diri sebagai negara maritim dan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
Dengan dibangunnya pelabuhan tersebut, tentunya akan berdampak positif bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Mesuji dan Provinsi Lampung pada umumnya, serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Lanjutnya, selain pelabuhan, pembangunan kawasan industri juga akan dilakukan di dekat lokasi tersebut. Nantinya tidak hanya masyarakat Mesuji yang akan memanfaatkannya, namun juga akan menghubungkan kota-kota lain di Pulau Sumatera menuju Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta dengan jarak tempuh sekitar enam jam perjalanan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Menteri dan Pak Dirjen Perhubungan Laut atas kesempatan yang berharga pada hari ini dapat bertemu. Kami sangat berharap usulan ini untuk segera ditindaklanjuti,” ucapnya. (ilc/red)