Jalan Mulus, Rakyat Minta Gubernur Ridho Mencoba Jalan Suoh-Batubrak

BANDARLAMPUNG —Hari ini, (24/1/2018), Gubernur Muhamad Ridho Ficardo dijadwalkan menjajal jalan Suoh-Batubrak, Lampung Barat. Ruas jalan ini dalam kondisi mulus sebagai hasil sinergi pembangunan antara Pemprov Lampung dan Pemkab Lampung Barat. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Lampung Budhi Darmawan mengatakan ruas jalan Suoh-Batubrak menghubungkan Tanggamus-Lambar. Jalan ini berhasil di bangun di era pemerintahan Gubernur Ridho. “Itulah sebabnya rakyat di sana meminta Gubernur menjajal jalan itu. Mereka mengucapkan terimakasih,” kata Budhi, di Bandar Lampung, Selasa (23/1/2018).

Ruas jalan Suoh-Batubrak, lanjut Budhi, satu dari sekian banyak ruas jalan yang dibangun Pemprov. Sejak tahun 2016 pembangunan jalan yang dilakukan Gubernur mengalami peningkatan luar biasa. Hal ini disebabkan Gubernur mengutamakan pembangunan dan perbaikan jalan yang menunjang mobilitas dan konektivitas antar wilayah. “Jalan provinsi yang panjangnya mencapai 1800 kilometer itu ditargetkan bisa memenuhi kuota jalan mantap provinsi 90 persen di tahun 2018 – 2019,” kata Budhi.

Di tahun 2017 lalu, Gubernur telah banyak memperbaiki status ruas jalan Provinsi yang berada di 15 kabupaten/kota. Bahkan, beberapa jalan provinsi terpantau sudah mulus mantap. Salah satunya perbaikan ruas jalan Provinsi di Kabupaten Lampung Timur, yakni ruas Metro-Tanjung Kari atau yang sering disebut warga jenglongan sewu. Saat ini kondisi jalan tersebut sudah diperbaiki dan membuka wilayah-wilayah yang selama ini masih terisolir.

Jalan lainnya, yang dibangun dan diperbaiki tahun 2017 antara lain ruas jalan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur, ruas jalan Kota Gajah Simpang Randu, ruas jalan Pasar Rumbia Lampung Tengah, Padang Cermin-Kendodong di Kabupaten Pesawaran, sampai Padang Cermin-Kiluan di Kabupaten Tanggamus. Semua itu dilakukan untuk menunjang sektor pariwisata.

Sedangkan pada tahun 2018 ini, sebanyak 6 ruas jalan provinsi kembali menjadi target perbaikan dan pembangunan. Di antaranya, ruas jalan Simpang Korpri – Sukadamai, Bangun Rejo – Wates, Simpang pematang – Brabasan, dan Brabasan – Wiralaga. “

Pak Gubernur Ridho menegaskan bahwa Perbaikkan jalan ditargetkan bisa mencapai 90 persen mantap tahun 2018 ditambah dengan sebelumnya. Kami (Dinas PUPR) membangu sesuai arahan dan janji Pak Gubernur,” ujar Budhi

Perbaikan jalan provinsi di era kepemimpinan Gubernur Ridho, sebagian besar menggunakan metode rigid beton dengan tujuan agar jalan tersebut lebih berkualitas dan tahan lama. (rls)