Idul Qurban, Momentum Berbagi dan Peduli Lombok

BANDARLAMPUNG —  Bagi Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, Idul Qurban 1439 tahun ini adalah momentum berbagi dan keikhlasan.

Karenanya, orang nomor satu di Lampung ini mengingatkan untuk peduli nasib saudara muslim di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang diguncang  gempa.

“NTB didera bencana alam, walaupun tidak di terjadi di tempat kita (Lampung), tetapi sebagai saudara sebangsa kita harus membantu,” ujar Ridho saat menggelar Open House didampingi sang istri Yustin Ficardo, di Mahan Agung, Rabu (22/8).

Orang nomor satu di Lampung ini juga menaruh respect terhadap kepedulian tinggi warga Lampung.

“Saya lihat juga banyak masyarakat Provinsi Lampung yang juga memberikan bantuan baik itu secara organisasi, kelompok, dan individu,” katanya.

Dibagian lain, saat open house,  tembang-tembang religi islami seperti Ya Habibal Qolbi, Ya Maulana, Tombo Ati dan Alhamdulillah mengalun menambah suasana khidmat kental terasa.

Di agenda rutin tahunan ini, selain kepeduliannya terhadap Lombok, Ridho juga mengajak silaturahami para ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan juga masyarakat.

Hadir Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri dengan didampingi sang istri Hasiah Bachtiar Basri dan sejumlah Pejabat di Lingkungan Pemprov Lampung.

“Setiap tahunnya saya mengajak kepada seluruh pejabat di Lingkungan Pemprov Lampung, dan juga kepada masyarakat kita yang berkemampuan untuk berqurban, untuk berbagi bersama-sama dengan masyarakat yang tidak mampu di sekelilingnya di Provinsi Lampung,” ujar Gubernur Ridho.

Masih kata Ridho, bahwa berbagi kebahagiaan bersama masyarakat duafa salah satunya dengan berqurban adalah suatu perintah agama islam dalam rangka beribadah, mendekatkan diri kepada Allah.

“Untuk mengingatkan umat muslim terutama yang berkemampuan bahwa dimasyarakat kita masih ada masyarakat kategori miskin ataupun duafa dimana yang secara agama juga diperintahkan untuk kita membantu dalam rangka beribadah, mendekatkan diri kepada Allah, membantu masyarakat kita yang duafa dengan cara berqurban,” katanya.

Pemprov Lampung juga melalui para SKPD nya setiap tahunnya melaksanakan qurban untuk masyarakat yang berhak menerimanya di Provisi Lampung.

“Kita Provinsi Lampung juga memfasilitasi untuk membantu kaum duafa dan masyarakat miskin yang ada di Provinsi Lampung, untuk mereka ikut merasakan kebahagiaan bersama dalam rangka Idul Adha ini,” ujarnya. (Rls)