Bachtiar : Kami 100% Usung Berlian Tihang Cabup Lampura

BANDAR LAMPUNG – Untuk kesekian kalinya, Wakil Gubernur Lampung, yang juga Ketua DPW PAN Provinsi Lampung, H. Bachtiar Basri, memastikan akan mengusung H. Berlian Tihang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Lampung Utara (Lampura). Pasalnya sosok mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkab Lampura ini diyakini dapat menyaingi petahana, Agung Ilmu Mangkunegara. Hal ini diungkapkan Bachtiar Basri disela-sela acara open house Hari Raya Idul Adha 1438 H, Jumat (1/9), dikediamannya.

“Saat ini struktur partai mulai bergerak untuk mensosialisasikan Calon Bupati Lampura, H. Berlian Tihang di tengah-tengah masyarakat,” tutur Bachtiar Basri.

Untuk diketahui sebelumnya Partai Amanat Nasional (PAN) ternyata diam-diam telah memiliki calon sendiri dalam Pilkada Lampura. Tanpa diduga, PAN mengusulkan mantan Sekda Provinsi Lampung yang juga merupakan mantan Kadis PU Lampura, Berlian Tihang sebagai calon. Kehadiran Berlian di Pilkada 2018 digadang-gadang akan menyaingi petahana, Agung Ilmu Mangkunegara.

Ketua Tim Pemenangan Pilkada Daerah (TPPD) PAN Lampung, Iswan H. Caya membenarkan jika Berlian sudah mendaftar di PAN. Bahkan, saat ini partainya sudah memfinalisasi berkas pendaftaran Berlian sebelum melaporkan ke Ketua Umum Zulkifli Hasan.

”Pak Berlian Tihang sudah mau menjadi bagian dari PAN. Kami sedang memproses dan memfinalisasi berkas pendaftarannya dalam rangka laporan ke DPP PAN satu-dua hari ini,” kata Iswan.

Iswan membeberkan, tim sudah melakukan sejumlah simulasi untuk mengusung calon dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 Juni 2018. Yakni Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung serta Pemilihan Bupati Lampura dan Tanggamus.

”Namanya politik begitulah. Kami sudah simulasi beberapa nama dan gambarannya. Ada beberapa opsi, tapi itu dapur partai, tidak bisa kami ekspos,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua DPW PAN Lampung Bachtiar Basri mengatakan, untuk Pilbup Lampura dan Tanggamus, PAN akan menjaga marwah partai. Minimal, kader internal maju sebagai calon wakil bupati (cawabup). Bachtiar pun sedang gencar untuk mencari figur calon bupati yang berpotensi menang.

”Termasuk Berlian Tihang di Lampung Utara, sudah merapat dia. Dia sudah komunikasi juga dengan kita,” katanya.

Wakil gubernur Lampung ini mengatakan, meskipun Berlian Tihang tidak mendaftar ke penjaringan bakal calon bupati-bakal calon wakil bupati di Lampura, namun kesempatan masih terbuka. Selain masih bisa mendaftar melalui DPP PAN, partai ini juga masih akan melihat hasil survei popularitas dan elektabilitas.

”Ketika hasil survei terlihat dan dari sekian pendaftar belum ada yang bisa memenangkan pilkada, bisa saja kita buka (perpanjangan pendaftaran) dua hari dengan izin DPP,” pungkas Bachtiar. (jpc)