Wajah ASN Kedepan

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 rencananya resmi dibuka 19 September 2018 mendatang . Adapun pendaftaran dilakukan serentak secara online oleh panitia seleksi nasional melalui sscn.bkn.go.id. Lowongan CPNS 2018 yang akan dibuka nantinya diperuntukkan bagi 238.015 formasi. Ini terdiri dari formasi pemerintah pusat sebanyak 51.271 dan formasi pemerintah daerah 186.744.

Menyikapi ini, sudah semestinya para pemangku kepentingan melakukan berbagai persiapan secara matang. Pasalnya bisa ditebak, tes ini akan diperebutkan oleh jutaan pelamar.

Lalu permudah juga berbagai persyaratan pendaftaran. Tujuannya agar tidak membebani para “pelamar”.

Dan yang terpenting, jalannya tes harus benar-benar jujur, terbuka dan transparan. Sehingga yang lulus tersebut, mereka yang memang benar-benar merupakan putra-putri terbaik bangsa.

Sehingga wajah Aparatur Sipil Negara (ASN) kedepan adalah mereka yang benar-benar memiliki pengetahuan dan mengerti tugas pokok sebagai ASN. Yakni melaksanakan kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Negara;  memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas; serta mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selian itu Pegawai ASN yang terpilih juga nanti dapat berperan mewujudkan tujuan pembangunan nasional melalui pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, dan bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KNN). Tidak seperti saat ini, yang “marak ikut politik praktis saat pilkada atau malah tersangkut persoalan hukum lantaran terjerat KKN saat bertugas.(wassalam).