Foto Diduga Elit PWI Bareng Bu Lee di Kampanye Cagub Arinal Beredar

BANDARLAMPUNG – Sejumlah elit PWI Lampung kembali menjadi sorotan. Itu setelah beredarnya foto kebersamaan mereka dalam kampanye Calon Gubernur-Wakil Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi-Chusnunia di media sosial (medsos). Yang menarik dalam foto tersebut juga tampak seseorang yang mirip salahsatu Bos PT. Sugar Group Companies (SGC), Purwanti Lee atau yang akrab disapa Bu Lee.

Sebelumnya Dewan Pers telah beberapa kali mendesak wartawan yang mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah atau pilkada 2018 mundur dari profesinya.

“Suratnya sama yang tahun 2015 lalu dan sudah kami edarkan,” ujar Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo di Sekretariat Dewan Pers, Jumat, 19 Januari 2018.

Yosep mengatakan wartawan yang menjadi tim sukses (TS) juga diminta mengundurkan diri. Hal ini juga berlaku untuk pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019. Dalam surat nomor 01/Seruan-DP/X2015 tentang Posisi Media dan Imparsialitas Wartawan dalam Pilkada, Dewan Pers meminta wartawan yang memilih maju menjadi calon kepala daerah, calon wakil kepala daerah, calon legislatif, ataupun tim sukses partai atau calon, segara nonaktif sebagai wartawan dan mengundurkan diri secara permanen.

Adapun ihwal sanksi, Yosep mengatakan hal itu bukan kewenangan Dewan pers, melainkan organisasi persnya. “Karena pers saat pemilu itu sebagai pengawas, makanya opsinya mengundurkan diri.(net/red)