Masak Pakai Kayu Bakar, Rumah Kakek Terbakar

METRO – Rumah Fred Sukir di Jalan Bison RT 004 RW 001 Kelurahan Purwosari Metro Utara nyaris ludes dilahap si jago merah, Rabu (28/11/2018). Penyebab kebakaran diduga dari kayu bakar yang digunakan kakek 60 tahun itu untuk memasak.

Kapolsek Metro Utara AKP Panca mengatakan, sebelum kejadian sekitar pukul 09.00 WIB korban tengah memasak daging ayam menggunakan kayu bakar. Kemudian korban pergi meninggalkan rumah sambil menunggu daging ayam yang dimasaknya matang.

“Sekitar pukul 11.00 WIB korban mendapat kabar kalau rumahnya terbakar. Warga setempat juga langsung membantu evakuasi barang-barang korban dan memberi tahu camat agar menghubungi pemadam kebakaran,” jelasnya di lokasi kejadian.

Atas kebakaran tersebut korban harus menanggung kerugian sekitar Rp 20 juta akibat kerusakan dapur dan gudang.

“Tadi sudah coba dihitung, kerugian korban Rp 20 juta, tidak ada korban jiwa di musibah ini,” tukasnya.

Kesempatan yang sama Camat Metro Utara Usman Madin mengaku mendapatkan laporan kebakaran rumah korban sekitar pukul 11.00 WIB. Ia pun langsung menghubungi pemadam kebakaran.

“Posisi saya masih rapat waktu dapat informasi kebakaran ini. Langsung saya kabarkan mobil pemadan kebakaran. Jadi saya terjun ke lokasi bersama dengan tiga mobil pemadam kebakaran,” bebernya.

Akibat kebakaran yang baru diketahui cukup lama, api sudah membesar saat pemadam kebakaran tiba di lokasi. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memadamkan api.9

“Sekitar satu jam api baru bisa dipadamkan. Pemadam datang sekitar pukul 11.00 WIB dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.00 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa. Karena selain rumah dalam kondisi kosong, korban memang tinggal sendiri di rumah itu,” jelasnya.

Pihaknya pun telah mendata kerugian korban untuk di laporkan ke Walikota Metro melalui BPBD. Sehingga korban bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Saya akan laporkan musibah ini ke BPBD, supaya kakek Fred bisa mendapatkan bantuan material untuk membangun dapur dan gudangnya lagi. Kejadian ini jadi pelajaran semua pihak, jangan meninggalkan hal apapun di rumah yang berpotensi memicu api,” tutupnya. (Arby)