Kopi Robusta Lambar Bersaing di Festival Kopi di Rigisjaya  

LAMPUNG BARAT – Penikmat kopi di dunia menunjukkan trend baru. Dahulu penikmat kopi hanya bisa menikmati kopi di warung warung kopi, sekarang kita bisa menikmati kopi di kafe kafe maupun di pusat jajanan di mall dan tempat tempat nongkrong yang prestige.

Di festival kopi ini kali ini, salah satu stand kopi yang berlabel sucxmaco, home industri atau Industri Kecil Menengah (IKM) bidang produksi kopi bubuk robusta, yang dikelola Sukma Wanto warga Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) ikut tampil pada perhelatan Festival Kopi Lambar yang akan dilasanakan mulai Sabtu (21/7) hingga Senin (23/7) di Kampung Kopi, Pekon Rigisjaya, Kecamatan Air Hitam Lampung Barat.

Sukma Wanto mengatakan, Festival Kopi yang dihelat Pemkab Lambar tersebut memberikan harapan dan peluang yang luar biasa, tentunya dibidang kopi. Karena lewat even ini masyarakat (petani) dapat memamerkan produk olahan dan unggulan dari wilayahnya masing-masing.

“Even ini kami harap potensi positif bagi penggiat perkopian dengan deretan acara seperti uji cita rasa, lomba barista, lelang kopi dan lukis ampas kopi. Yang muaranya banyak yang dapat digali dari kopi itu sendiri,” katanta.

Masyarakat juga berharap dengan keberadaan  kampung kopi, kedepan akan menjadi sarana belajar dan destinasi wisata yang luar biasa dan memberikan motivasi bagi IKM khususnya untuk ambil bagian dalam pengembangan produk olahan berbahan kopi sebagai produk unggulan yang dimiliki Lambar ini.

Banyak pihak diluar yang memuji even  ini, di antaranya para sahabat IKM dari luar yang antusias hadir dan memberikan pujian karena Lambar benar-benar memberikan even dan fasilitas daerah untuk perkembangan kopi di Lampung, khususnya Lampung Barat.

“Suxmaco mengolah kopi bubuk robusta yang berasal dari daerah pegunungan Lambar. Suxmaco yang  di kelola Sukma Wanto sendiri  adalah Produk Kopi Bubuk Robusta yang diolah dari biji kopi pilihan berkualitas dan memberikan cita rasa yang khas bagi para pecinta kopi, dikemas dalam kemasan premium yang elegant.  (Jul)