Ingin Lestarikan Budaya, Dendi Minta Festival Bertabuh Dirutinkan

PESAWARAN – Masih dalam Semarak Kabupaten Pesawaran ke 11, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona membuka acara Festival Betabuh di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab setempat, Senin (30/7).

Bupati dalam sambutan mengatakan, terselenggaranya kegiatan yang dilakukan terhadap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Karang Taruna (KT) Pesawaran patut diapresiasi.

“Saya mengapresiasi dan berterimaksih atas diselenggarakan acara Festival Bertabuh ini. Dalam rangka semarak Kabupaten Pesawaran yang ke 11 ini, “ungkap Dendi.

Bukan itu saja dia juga menjelaskan, festival bertabuh ini merupakan wujud pelestarian seni dan budaya Lampung terhadap generasi muda, khususnya di Kabupaten Pesawaran.

“Kebudayaan Bertabuh ini  harus dilestarikan kepada generasi muda. Jika tidak, bisa dibayangkan lenyapnya budaya ini. Maka dari itu, seni dan budaya bertabuh ini,  terus dilestarikan hingga anak cucuk dan seterusnya, “kata dia.

Sementara Ketua Karang Taruna Pesawaran,  Irwan Rosa mengatakan,  Festival Bertabuh ini diselenggarakan,  selain dalam rangka Semarak Pesawaran, juga sebagai ajang silahturahmi terhadap masyarakat kususnya di Kabupaten Pesawaran ini.

“Para peserta  cukup banyak dari 11 kecamatan,  ada 25 sanggar yang ikut dalam lomba bertabuh ini.  Diharapkan melalui acara ini,  terjalinnya tali silahturahmi  antara remaja,  sanggar di Kabupaten Pesawaran, ini “pungkasnya. (Don)