Disdukcapil – PWI Tubaba Gelar Pelayanan KTP Gratis di Islamic Centre

PANARAGAN – Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (TBB) berkerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) memberikan pelayanan gratis pembuatan Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran anak dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dikabupaten setempat. Rabu (19/12/18).

“Kegiatan pembuatan KTP,Akte dan KK gratis ini merupakan kegiatan gebyar pelayanan akhir  tahun dari dinas kami. Program ini juga kami beri nama SIKAM LANTAK (Siap Rekam Langsung Cetak),” kata Kepala Disdukcapil, Hariyanto.

Lanjutnya, pelayanan ini diberikan kepada masyarakat secara gratis dan warga bisa datang langsung di Islamik Center saat ini, tepatnya depan kantor PWI.

“Kenapa kami pilih disini karena dengan susana yang indah dan tempatnya lapang kami berharap masyarakat dapat sabar menunggu antrian sembari menikmati pemandangan taman Islamic sehingga warga tak merasa bosan menunggu. Saya tahu menunggu itu hal yang sangat bosan,” candanya.

Untuk syaratnya sendiri, terdiri dari KK lama, KTP, surat keterangan kelahiran dari Dokter atau rumah sakit dan juga foto kopy buku nikah.

“Jika persyaratan sudah lengkap maka dengan segera dilakukan pencetakan. Tentunya dalam proses beberapa menit langsung jadi,” katanya.

Kata dia, Dinas Capil Tubaba menjadi daerah pertama di provinsi Lampung yang punya layanan pengadaan yang diberi nama SMS Gateway, dimana fungsinya bagian siapa saja yang ingin membuat KK, KTP dan Akte bisa secara online dengan cara menghubungi kontak persen kami di 082375042210.

Ditempat yang sama Ketua PWI Tubaba Edi Zulkarnain menambahkan, “PWI Tubaba dan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat melalui Dinas Capil bersinergi berkerja sama dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat setempat.

“Tentunya adanya gagasan ini mematahkan mindset masyarakat bahwa pembuatan KTP,KK dipungut biaya yang mana sebenarnya tidak ada pungutan karena ini semua gratis. Apabila terjadi adanya pungli pembuatan KK, KTP itu adalah ulah oknum yang mesti masyarakat laporkan kepada kami atau petugas yang berwajib bila ditemukan oknum Capil melakukan pungli pembuatan KK dan KTP atau akte. Kita berantas pungli sampai akar-akarnya,” katanya.

Lanjutnya, ini baru pertama kali bersama PWI Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat bersinergi dalam pelayanan kepada warganya.

“Ke depan saya berharap kepada dinas-dinas lain agar dapat bekerja sama dengan PWI Tubaba dalam mengenalkan program-programnya agar pelayanan prima kepada masyarakat Bumi Ragem Say Mangi Wawai dapat langsung terasa manfaatnya dan dapat memudahkan Satker mengenalkan program kerjanya.

Sementara itu Bupati Tulangbawang Barat Hi. Umar Ahmad SP didampingi Wakil Bupati Hi. Fauzi Hasan Se., MM dalam kesempatannya mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Ini merupakan sinergitas salah satu OPD (Disdukcapil) dan PWI kita,. Kedepannya saya harap terus tingkatkan pelayanan kepada masyarakat itu yang paling utama,” singkatnya.

Nampak hadir pada acara tersebut ratusan warga yang ingin membuat KTP,KK,Akte  serta Kepala Kemenag, staf Capil, Ketua PWI dan anggota PWI, Kepala Cabang BPJS kabupaten setempat.(Jaz)