MESUJI – Sudah dibangun megah, Dermaga Wiralaga yang terletak di Desa Wiralaga II Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji diportal oleh warga.

Pemortalan sudah dilakukan berkisar 10 hari yang lalu oleh ahli waris Ishak bin Aliasan, pemilik lahan yang dibangun dermaga tersebut. Sebab menurut mereka lahan itu tidak pernah dihibahkan dan atau diperjualbelikan pada pihak manapun.

“Ya memang benar Dermaga di Wiralaga II itu kami portal. Sebab┬ádari sejak dibangun hingga sa’at ini belum ada kepastian atas hak kepemilikan lahan tanah milik orang tua kami. Selanjutnya tujuan kami, jika tidak ada titik temu, maka bangunan itu akan kami roboh,” kata M.Yunus Ishak

Dermaga ini sebelumnya dibangun Pemkab Mesuji dan digadang-gadang menjadi pusat berkumpulnya masyarakat untuk menyaksikan rangkaian acara, terutama Lomba Perahu Hias penyambutan Hari Ulang Tahun (HUT) Mesuji pada tahun sebelumnya.

Dikatakan Ishak, ada perwakilan Pemkab Mesuji datang Terkait moment bakal digelarnya rangkaian acara sambut HUT Mesuji.

“Ada pihak Pemda menemui pihak keluarga kami. Mereka mohon dibukakan portal tersebut, yang diimingi setelah acara selesai baru pihak Pemda akan melakukan negoisasi kepada pihak keluarga kami. Tapi hal itu kami abaikan saja, ” akunya.

Hal senada dikatakan BS tokoh masyarakat. Ia membenarkan tentang kepemilikan lahan Ishak bin Aliasan yang tepatnya dibangun dermaga dengan ukuran L 70 mtr x P 250 meter yang dilengkapi dekumen kepemilikan hak atas tanah bersangkutan.

“Kami selaku masyarakat sekaligus tetangga hak atas kepemilikan lahan ini, membenarkan atas kepemilikan yang dimaksud. Namun untuk negoisasi antara Pemda dengan ahli waris, kami tidak paham sama sekali. Jadi menurut kita wajarlah kalau itu diportal, ” tegasnya. (Hendy)